Show simple item record

dc.contributor.authorNovia Aulia Azizah
dc.date.accessioned2014-01-20T06:01:38Z
dc.date.available2014-01-20T06:01:38Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM090210204186
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18324
dc.description.abstractKenyataan di lapangan khususnya di SD Negeri Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember menunjukkan bahwa siswa kurang semangat untuk belajar IPS dikarenakan tidak adanya media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dimana guru masih menggunakan cara mengajar yang biasa tanpa melibatkan peran aktif siswa, selain itu sarana dan prasarananya yang berupa sumber belajar yang dimiliki siswa masih menggunkan LKS tanpa adanya buku penunjang lainnya Berdasarkan latar belakang masalah penelitian di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPS materi pokok teknologi komunikasi melalui pendekatan kooperatif tipe TGT di SDN Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Jember Semester genap tahun pelajaran 2011/2012 ? Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan kooperati tipe TGT ( Teams Game Tournament ) pada mata pelajaran IPS. Penggunaan model pembelajaran TGT dalam penelitian ini adalah salah satu pembelajaran yang dapat memancing aktivitas dan hasil belajar siswa, karena pembelajaran tersebut siswa akan diajak belajar dengan cara bermain sehingga setiap siswa lebih mudah memahami pelajaran dengan menjawab kartu-kartu soal yang ada dalam permainan. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Sumber data utama diperoleh dari siswa kelas IV dan guru kelas IV. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan hasil belajar siswa menunjukan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 32,86 % dengan kriteria kurang. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa 2,22 dengan kriteria aktivitas belajar sedang, dan hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75 %. Pada siklus II, aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 2,6 dengan kriteria aktivitas belajar tinggi. Peningkatan tersebut searah dengan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 96%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang diberikan adalah siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami langkah– langkah pembelajaran tipe TGT, hal tersebut dimaksudkan agar siswa lebih memahami dan mampu melaksanakan permainan dengan baik dan lancar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204186;
dc.subjectPenerapan Pendekatan Kooperatif Tipe TGT ( Teams Game Tournament ),di SDN Sukorambi 01 Jemberen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Kooperatif Tipe TGT ( Teams Game Tournament ) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Teknologi Komunikasi di SDN Sukorambi 01 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record