Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas III SD Islam Terpadu Harapan Umat Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2011/2012
Abstract
Keterampilan menulis sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa,
mempunyai peranan yang penting di dalam kehidupan manusia. Dengan menulis,
seseorang dapat mengungkapkan ide, gagasan dan pesan kepada orang lain dengan bahasa tulis untuk menyampaikan maksud dan tujuannya.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, rendahnya kemampuan menulis siswa kelas III di SD Islam Terpadu Harapan Umat Sumbersari Jember disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) cara mengajar guru yang kurang bervariasi dan tidak merangsang siswa; 2) siswa sulit menuliskan isi cerita secara runtut; 3) siswa
sering kali salah dalam penggunaan ejaan; dan 4) minat menulis siswa masih rendah serta menganggap menulis atau mengarang adalah sesuatu yang tidak penting. Hasil tes menulis dalam ujian tengah semester menunjukkan bahwa dari 29 siswa, hanya 11 siswa (38%) dengan nilai
≥ 78 dan 18 siswa (62%) dengan nilai ≤ 78.
Oleh karena itu, diperlukan media yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam
mengikuti pembelajaran menulis. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan media gambar seri. Penggunaan media gambar seri untuk pengajaran menulis narasi dianggap tepat, karena media gambar dapat membantu siswa mendapatkan suatu ide untuk disampaikan dan gambar bukanlah hal yang asing
bagi siswa. Berdasarkan pokok permasalahan di atas, maka rumusan masalahnya sebagai
berikut. (1) Bagaimanakah penerapan media gambar seri yang dapat meningkatkan
keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SD Islam Terpadu Harapan Umat Sumbersari Jember tahun pelajaran 2011/2012? (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan narasi setelah digunakan media gambar seri pada siswa kelas III SD Islam Terpadu Harapan Umat Sumbersari Jember tahun
pelajaran 2011/2012? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan media gambar seri yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SD Islam Terpadu Harapan Umat Sumbersari Jember tahun pelajaran 2011/2012, dan (2) peningkatan keterampilan menulis
karangan narasi setelah digunakan media gambar seri pada siswa kelas III SD Islam Terpadu Harapan Umat Sumbersari Jember tahun pelajaran 2011/2012.
Untuk memecahkan permasalahan di atas maka digunakan metode penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDIT Harapan Umat Sumbersari Jember tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 29 siswa.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa prosedur penerapan media gambar seri yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi adalah (1) kelompok yang telah dibentuk oleh guru bertugas mengurutkan gambar
seri, (2) setiap anggota kelompok membuat satu kalimat pokok berdasarkan satu gambar kemudian menyalin semua kalimat pokok yang telah ditulis oleh teman satu kelompoknya, (3) setiap siswa mengembangkan kalimat pokok menjadi sebuah
karangan narasi, (4) siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki kembali hasil karangannya. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi setelah digunakan media gambar seri pada siklus I meningkat sebanyak 3 siswa atau 12% dari
keseluruhan jumlah siswa. Dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebanyak 8 siswa atau 29% dari total 28 siswa. Jadi, sebanyak 22 siswa atau sebesar 79% dari total 28 siswa kelas III SDIT Harapan Umat Sumbersari Jember sudah mencapai ketuntasan nilai secara klasikal ( ≥78% dari jumlah siswa). Saran dari penelitian ini adalah guru hendaknya dapat menggunakan media
gambar seri secara maksimal dan memanfaatkan media pembelajaran selain dari buku paket yang digunakan di sekolah.