Show simple item record

dc.contributor.authorSutiyah Karmilla
dc.date.accessioned2014-01-20T05:25:30Z
dc.date.available2014-01-20T05:25:30Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM020210301045
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18234
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian korelasional yang berpengaruh dan bertujuan untuk mengetahui rata-rata sikap mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2003 tentang profesi guru, prestasi belajar yang telah diperoleh serta adakah hubungan yang signifikan antara sikap mahasiswa program studi pendidikan ekonomi tentang profesi guru dengan prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan di kampus FKIP Universitas Jember, pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2003. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode angket. Angket yang digunakan dalam penelitian ini di try out terlebih dahulu kepada 30 responden, untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan korelasi Product Moment, Regresi Linear dan Uji Normalitas. Hasil analisis tersebut menunjukan rata-rata sikap mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember Angkatan 2003 tentang profesi guru adalah (M) = 153,877, ini masuk ke dalam kelas (rangking) 153 – 181 (sangat positif) dengan demikian ratarata sikap mereka tentang profesi guru adalah sangat positif. Prestasi Belajar yang diperoleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember Angkatan 2003 masuk dalam kategori Cukup yaitu sebanyak 33 (57,89%) responden memiliki IPK yang berkisar dari 2,0 – 2,9 dan terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara sikap mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember angkatan 2003 tentang profesi guru dengan prestasi belajar. Nilai konstanta diperoleh sebesar -2,303 hal ini menunjukkan bahwa apabila variabel Sikap Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Tentang Profesi Guru (X) dan variabel bebas yang lain (ei) sama dengan nol maka IPK (Y) sama dengan -2,303 atau apabila tidak ada variabel X, maka IPK akan turun sebesar -2,303 Hal ini memberikan pengertian bahwa semakin positif sikap mereka tentang profesi guru maka akan diiringi dengan meningkatnya IPK yang diperoleh mahasiswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210301045;
dc.subjectROFESI GURU DENGAN PRESTASI BELAJARen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA SIKAP MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI TENTANG PROFESI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember Angkatan 2003)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record