Show simple item record

dc.contributor.authorDINI ANDRIANA
dc.date.accessioned2014-01-20T02:44:08Z
dc.date.available2014-01-20T02:44:08Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM050210301141
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18138
dc.description.abstractStandar Proses merupakan standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 1). Perubahan Kurikulum Berbasis Kompetensi menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sendiri belum dapat dijalankan sepenuhnya oleh pihak sekolah. Namun semua pihak di sekolah telah mengetahui perubahan ini, siswa juga menjadi elemen sekolah yang mengetahui perubahan ini, siswa mendengar perubahan ini baik secara langsung dari kepala sekolah pada saat acara resmi sekolah dan dari guru, sehubungan dengan siswa telah mendengar pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan untuk mengetahui pendapat siswa tentang standar proses yang mengacu pada ketentuan normatif Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dilakukan oleh guru, maka penelitian ini dilakukan. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, pada saat proses pembelajaran berlangsung di kelas XI IPS 1 dan IX IPS 2 menunjukan guru dapat melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yaitu standar proses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi siswa pada standar proses pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tanggul tahun ajaran 2009/2010. Jenis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi angket, wawancara dan dokumentasi. Jumlah responden adalah 74 siswa yang pengambilannya menggunakan simple random sampling sedangkan analisis data menggunakan tekhnik analisis regresi linier sederhana, analisis varian garis regresi, uji f dan efektifitas regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable persepsi siswa pada standar proses pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji f, dimana perolehan perhitungan f vii hitung > f tabel yaitu (41,987> 4,08) dengan signifikansi 0,000. Nilai koefisien korelasi R sebesar 0,716 yang berarti bahwa persepsi siswa memiliki hubungan yang nyata dengan hasil belajar siswa sebesar 71,6% berarti tingkat hubungan variabel X dan variabel Y sangat kuat. Koefisien determinasi (R ) sebesar 0,512 yang berarti bahwa variable persepsi siswa pada standar proses pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 51,2%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301141;
dc.subjectPENGARUH PERSEPSI SISWA PADA STANDAR PROSES PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)en_US
dc.titlePENGARUH PERSEPSI SISWA PADA STANDAR PROSES PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TANGGUL TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record