Show simple item record

dc.contributor.authorDina Wati Anggarani
dc.date.accessioned2014-01-20T02:35:47Z
dc.date.available2014-01-20T02:35:47Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM060210101011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18120
dc.description.abstractMutu pendidikan tidak terlepas dari faktor-faktor penentu dalam kegiatan belajar mengajar seperti guru, siswa, mata pelajaran, metode pengajaran, dan sarana serta fasilitas sekolah lainnya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan terhadap guru pengajar bidang studi matematika kelas X SMA Negeri Grujugan (Selasa, 2 Februari 2010) diketahui masih rendahnya hasil belajar matematika yang diperoleh siswa kelas X-2. Metode yang digunakan oleh guru monoton dan masih terpaku pada materi buku ajar saja. Guru matematika kelas X-2 juga jarang menggunakan strategi pembelajaran dengan model pengajuan soal yang dibuat oleh siswa, sehingga siswa lebih banyak berlatih secara rutin dari soal-soal buku ajar saja. Hal ini menghambat kreativitas siswa untuk berpikir kreatif sehingga siswa merasa kesulitan dalam memecahkan masalah matematika yang pada akhirnya siswa banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Salah satu alternatif untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika adalah dengan menggunakan pembelajaran dengan model pengajuan soal (problem posing). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem posing, untuk mengetahui kualitas soal yang dibuat oleh siswa, untuk mengetahui kecenderungan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear, dan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem posing untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 4 tahap yaitu yaitu perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing dan refleksi atau reflecting. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri Grujugan yang berjumlah 25 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa secara individu dan kelompok, skor tes, jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear berdasarkan tipe-tipenya, dan efektivitas pembelajaran problem posing. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah persentase aktivitas siswa pada pembelajaran I sebesar 75,8%, pada pembelajaran II sebesar 80,63%, pada pembelajaran III sebesar 86,18%, dan pada pembelajaran IV sebesar 90,18%. Berdasarkan data tersebut aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pembelajaran I (siklus I) sampai pembelajaran IV (siklus II). Persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari pertemuan I sampai pertemuan IV yaitu pada pembelajaran I adalah 92,3% dan pembelajaran IV adalah 100%. Kualitas soal yang dibuat oleh siswa dari pembelajaran I sampai pembelajaran IV semakin baik, ditinjau dari segi bahasa yang digunakan oleh siswa dalam membuat soal sistem persamaan linear. Komposisi kesalahan siswa mengalami penurunan dari pendahuluan sampai pada siklus II. Persentase kesalahan yang dilakukan siswa pada tes pendahuluan sebesar 69,12%, pada siklus I sebesar 42,28%, dan pada siklus II sebesar 27,41%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah penerapan pembelajaran problem posing berjalan dengan baik dan efekt if. Hal ini dapat dilihat dari berkurangnya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210101011;
dc.subjectENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSINGen_US
dc.titleENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENGURANGI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR KELAS X-2 SMA NEGERI GRUJUGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record