| dc.description.abstract | Kenyataan  yang  terjadi  menunjukkan  bahwa  pembelajaran  IPS  di  SD
hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan
teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi
pelajaran IPS dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah.
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  :  1)  untuk  mengatahui  penerapan
pembelajaran IPS menggunakan model  Group Investigation untuk siswa kelas V
SDN Tegalharjo  08  Kecamatan  Glenmore,  2)  untuk  mengetahui  minat  siswa
dalam mengikuti  pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempertahankan
kemerdekaan  menggunakan  model  Group  Investigation,  3)  untuk  mengetahui
ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model
pembelajaran Group Investigation.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalharjo 08 kelas V yang terdiri dari
16 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki – laki dan 9 siswa perempuan. Siswa dibagi
menjadi  4  kelompok  yang  heterogen.  Penelitian  ini  menggunakan  penelitian
kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan
sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes,
dan dokumentasi teknis. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 05 Mei 2011
sampai 14 April 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Tegalharjo 08
Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi.  Data yang dikumpulkan berupa
observasi minat siswa , kegiatan guru dalam pembelajarnan serta tugas individu
siswa.  Berdasarkan  data  yang  diperoleh  dari  hasil  observasi  diketahui  bahwa
persentase minat siswa selama pembelajaran perjuangan kemerdekaan Indonesia
menggunakan  model  Group  Investigation adalah  :  pada  pra  siklus  persentase
minat siswa adalah 29 %, siklus I sebesar 77,5 % dan pada siklus III sebesar 98 %.
Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 6,25 % masih dibawah rata -
rata.  Berdasarkan hasil  tersebut  diketahui  bahwa persentase  ketuntasan  belajar
siswa secara klasikal adalah 93,75 %.
Kesimpulan dari penlitian ini adalah siswa mengalami peningkatan minat
dan hasil belajar pada pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan
dan  dapat  menciptakan  pembelajaran  yang  menimbulkan  minat  siswa  dan
merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, serta memotivasi
siswa  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  serta  dapat  meningkatkan  keakraban
siswa. | en_US |