Show simple item record

dc.contributor.authorPRAMITASARI, Arynda
dc.date.accessioned2014-01-20T01:44:47Z
dc.date.available2014-01-20T01:44:47Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nim080210191011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17997
dc.description.abstractPada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika di SMP Negeri 1 Rambipuji diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Salah satu bentuk proses pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan minat, motivasi belajar, serta dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah pembelajaran penemuan terbimbing. Metode penemuan terbimbing adalah metode mengajar dimana siswa menemukan sendiri baik konsep, aturan, teorema, rumus, pola, dan sebagainya. Dalam hal ini peran guru adalah membimbing dan mengarahkan siswa bukan memberitahu. Langkah-langkah metode penemuan terdiri dari enam fase antara lain: fase perumusan masalah, fase analisa data, fase penyusunan konjektur, fase evaluasi, fase penarikan kesimpulan, dan fase aplikasi. Selain itu kontekstual juga dapat diterapkan dalam pembelajaran metode penemuan terbimbing, karena dalam kontekstual guru dapat mengaitkan isi materi pelajaran dengan keadaan dunia nyata. Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual memiliki tujuh komponen utama, yaitu: konstrukstivisme (constructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (Modelling), refleksi (reflection), dan penilaian yang sebenarnya (autenthic assessment). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual, aktivitas siswa dan ketuntasan serta peningkatan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191011;
dc.subjectENDEKATAN KONTEKSTUALen_US
dc.titlePenerapan Metode Penemuan Terbimbing dengan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatakan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII F Semester Ganjil SMP NEGERI 1 RAMBIPUJI Tahun Ajaran 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.validatortaufik 7 november 2023


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record