Show simple item record

dc.contributor.authorDISTRIAWAN SETYO NUGROHO
dc.date.accessioned2014-01-20T01:14:49Z
dc.date.available2014-01-20T01:14:49Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM020210301283
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17898
dc.description.abstractRendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah ketergantungan siswa kepada guru bidang studi sehingga guru dianggap sebagai satusatunya sumber belajar. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Arjasa Jember. Penentuan subjek penelitian menggunakan populasi, yaitu di kelas X-5 dengan jumlas siswa sebanyak 39 siswa. Sumber data primer adalah siswa kelas X-5 dan guru bidang studi ekonomi, sedangkan data sekunder di peroleh dari guru bidang studi dan kabag tata usaha. Desain dari penelitian ini adalah model spiral skema PTK Robin McTaggart dan Stepehen Kemmis dengan menggunakan empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode tes, observasi dan wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan belajar sebesar 57,56%. Pada siklus 1 observasi 1 jumlah siswa yang memenuhi indikator keberhasilan aktivitas belajar siswa sebanyak 16 sedangkan yang belum memenuhi indikator keberhasilan sebanyak 23 siswa. Pada siklus 1 observasi 2 jumlah siswa yang memenuhi indikator keberhasilan aktivitas belajar siswa sebanyak 23 sedangkan yang belum memenuhi indikator keberhasilan sebanyak 16 siswa. Pada ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 79,49% dan jumlah siswa yang belum memenuhi ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa. Pada siklus 2 observasi 1 jumlah siswa yang memenuhi indikator keberhasilan aktivitas belajar siswa sebanyak 33 sedangkan yang belum memenuhi indikator keberhasilan sebanyak 6 siswa. Pada siklus 2 observasi 2 jumlah siswa yang memenuhi indikator keberhasilan aktivitas belajar siswa sebanyak 36 sedangkan yang belum memenuhi indikator keberhasilan sebanyak 3 siswa. Pada ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 97,44% dan jumlah siswa yang belum memenuhi ketuntasan belajar sebanyak 1 siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan adalah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi di kelas X-5 SMA Negeri 1 Arjasa Jember semester ganjil Tahun Ajaran 2007/2008.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210301283;
dc.subjectKeterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecilen_US
dc.titlePENGGUNAAN KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN PERILAKU KONSUMEN DAN PRODUSEN SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 1 ARJASA JEMBER TAHUN AJARAN 2007/2008en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record