dc.description.abstract | PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Jember merupakan perusahaan
yang bergerak di bidang jasa. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal,
yaitu penelitian yang menghubungkan antara dua variabel dan bersifat sebab akibat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini yaitu
nasabah tabungan Shar-E PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
tingkat kepuasan nasabah tabungan Shar-E pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk.
Cabang Jember. Data primer diperoleh melalui metode kuesioner dari 100 responden
yaitu nasabah tabungan Shar-E. Data yang telah diolah kemudian dianalisis dengan
menggunakan rumus analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS.
Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah uji instrument penelitian
dengan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik
dengan uji multikolinieritas, normalitas data, autokorelasi, dan heteroskedastisitas,
serta uji hipotesis dengan uji F dan uji t.
Berdasarkan pada hasil perhitungan, diperoleh hasil hipotesis sesuai dengan
yang telah dirumuskan dan dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan
hipotesis kerja (Ha) diterima. Berdasarkan ketentuan tersebut, hasil penelitian ini
menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah
tabungan Shar-E pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Jember yaitu
bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan
(assurance), dan empati (empathy). | en_US |