Show simple item record

dc.contributor.authorARNIYANTI
dc.date.accessioned2014-01-20T00:29:39Z
dc.date.available2014-01-20T00:29:39Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM070210204029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17775
dc.description.abstractBerdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Penelitian ini dilakukan karena pengamatan awal di lapangan menunjukkan bahwa siswa SDN Kebonsari 01 dalam kemampuan bercerita masih sangat rendah. Sebanyak 10 siswa atau sebesar 50% dari 48 siswa belum mencapai ketuntasan. Permasalahannya antara lain: siswa masih malu-malu untuk menyampaikan pikiran,gagasan dan perasaan mereka, siswa masih kurang berekspresi dalam bercerita, guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah, guru hanya sekedar menyuruh siswa membut cerita kemudian menceritakan bersama-sama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media kartu gambar seri yang dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas II SD Negeri Kebonsari 01 Jember dan bagaimanakah peningkatan kemampuan bercerita siswa kelas II SDN Kebonsari 01 setelah menggunakan media kartu gambar seri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilakukan di SDN Kebonsari 01 Jember. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II SDN Kebonsari 01 Jember tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 48 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan media kartu gambar seri dalam pembelajaran bercerita, nilai bercerita siswa meningkat menjadi 27 % pada siklus I Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan pertama penggunaan media kartu gambar seri dalam pembelajaran bercerita dimulai dengan mendemonstrasikan atau menjelaskan apa itu bercerita dilanjutkan dengan guru mendemonstrasikan atau memberikan contoh gambar seri stelah itu siswa menceritakn gambar seri secara runtu dengan bahasa sendiri tapi sebelum siswa bercerita kedepan, siswa berlatih bercerita dengan teman sebangkunya. Kemampuan bercerita siswa mengalami peningkatan setelah digunakannya media kartu gambar seri. Saran bagi guru kelas II, jika dalam pembelajaran keterampilan bercerita menggunakan media kartu gambar seri hendaknya menyiapkan materi dan alokasi waktu secermat mungkin.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204029;
dc.subjectPENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITAen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS II SDN KEBONSARI 01 DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR SERI TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record