dc.description.abstract | Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan yang bersaing diantaranya adalah
selalu berusaha mendapatkan cara terbaik untuk merebut dan mempertahankan pangsa
pasar. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengkomunikasikan produknya
dengan beriklan. Melalui iklan produsen dapat menyampaikan kelebihan atau
kekurangan produk, begitu juga melalui iklan konsumen dapat mengetahui kelebihan
dan kekurangan produk tersebut. Agar Efektif iklan harus memiliki kreatif dan juga
dapat dilakukan dengan menggunakan endorser yang memiliki kredibilitas tinggi. Iklan
kreatif adalah bila memenuhi indikator yaitu menarik perhatian, mudah dimengerti dan
mengundang rasa ingin tahu. Endorser yang kredibel adalah endorser yang memnuhi 3
indikator yaitu terpercaya, menarik dan ahli dalam bidangnya, sedangkan iklan yang
efektif adalah iklan yang pesannya dipahami, iklannya diingat dan mereknya dikenali.
Endorser yang kredibel dan iklan yang efektif dapat memberikan efek positif padda
loyalitas konsumen pada merek yang diiklankan. Penelitian dilakukan kepada 100
responden yang memenuhi syarat dengan memberikan kuesioner untuk diisi lengkap,
dari hasil analisis Path menunjukkan bahwa kredibilitas endorser berpengaruh positif
efektivitas iklan, kreatifitas iklan berpangaruh positif pada efektivitas iklan, kredibilitas
endorser tidak berpengaruh positif pada loyalitas merek, kreatifitas iklan berpangaruh
positif pada loyalitas pada merek dan efektivitas iklan berpangaruh positif pada
loyalitas pada merek. Penelitian ini telah membuktikan bahwa kreatifitas iklan dan
efektivitas iklan memberikan pengaruh positif terhadap loyalitas pada merek sepeda
motor Yamaha new Jupiter Z. Kredibilitas endorser tidak berpengaruh positif pada
merek, namun kredibilitas endorser berpengaruh positif efektivitas iklan. Oleh karena
untuk meningkatkan loyalitas merek Yamaha Jupiter Z untuk lebih memprioritaskan
meningkatkan efektivitas iklan karena dengan iklan yang menarik konsumen dapat
mengetahui keunggulan produk Yamaha Jupiter Z melalui iklan yang ditayangkan,
sehingga calon konsumen dapat mengetahui keunggulan produk melalui iklan yang
ditayangkan. | en_US |