Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Holistiyawati
dc.date.accessioned2014-01-20T00:12:55Z
dc.date.available2014-01-20T00:12:55Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM070210204269
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17738
dc.description.abstractPelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang memfokuskan pada pemberian pengalaman langsung agar siswa mampu memahami alam sekitar secara ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA bertujuan agar siswa memahami/ menguasai konsep-konsep IPA dan saling keterkaitannya, serta mampu menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya, sehingga lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan Penciptanya (Sumaji, 1998:35). Aktivitas belajar yang rendah pada mata pelajaran IPA berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang diterapkan guru kurang membangkitkan semangat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kontekstual dengan kartu masalah pada mata pelajaran IPA. Pembelajaran kontekstual dengan media kartu masalah dapat membantu guru dalam menerangkan materi pelajaran tersebut, isi dalam media kartu merupakan materi dari makhluk hidup dan lingkungannya. Pembelajaran kontekstual dengan media kartu masalah diharapkan dapat mempermudah siswa mempelajari materi tersebut dan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Penelitian dilaksanakan di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 30. Sumber data diperoleh dari siswa kelas IV dan guru kelas IV. Desain dari penelitian ini adalah model spiral Hopkins dengan menggunakan empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan aktivitas dan hasil belajar siswa sangat rendah yaitu 32,21% dan 33,58%, pada siklus I aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sedang yaitu 64,44% dan 61,33%, dan pada siklus II menjadi tinggi sebesar 78,88% dan 85,66%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan adalah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV di SDN Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2009/ 2010.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204269;
dc.subjectPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN KARTUen_US
dc.titlePEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN KARTU MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUKORAMBI 01 KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2009/ 2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record