dc.description.abstract | Kegiatan belajar anak sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor
tersebut dibedakan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor
internal merupakan faktor yang muncul dari luar diri siswa, sehingga berpengaruh
terhadap aktivitas belajarnya. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor dari luar
diri siswa yang turut mempengaruhi proses belajarnya. Tanpa disadari kedua faktor
tersebut menjadi penghambat tingkat prestasi belajar yang dicapai siswa. Prestasi
belajar merupakan salah satu alat pengukur berhasil tidaknya proses belajar yang
dilakukan anak. Jika prestasi belajar yang dicapai rendah, berarti proses belajar yang
dilakukan anak tersebut kurang berhasil. Sebaliknya, jika prestasi belajar yang
dicapai tinggi bisa dikatakan bahwa anak telah mencapai keberhasilan dalam proses
belajarnya. Oleh karenanya, perlu disadari bahwa dalam belajar terdapat faktor
internal dan faktor eksternal yang menggangu aktivitas belajar siswa, sehingga
berpengaruh terhadap tingkat prestasi yang dicapai.
Landasan teori yang digunakan berkaitan dengan prestasi belajar, yaitu:
Gagne (dalam Na’im, 2003:60) menyatakan bahwa dibutuhkan dua kondisi agar
setiap bentuk belajar dapat terjadi yaitu kondisi internal dan kondisi eksternal.
Kondisi internal dan eksternal tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan belajar
siswa. Oleh karenanya, kondisi belajar yang kondusif sangat mendukung tingkat
keberhasilan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang
signifikan antara faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 5 Jember semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 dan
diantara keduanya yang berpengaruh dominan terhadap prestasi belajar IPS.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode
penentuaan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive yaitu di SMP Negeri
5 Jember. Metode penentuan responden secara proporsional random sampling
dengan jumlah responden sebayak 67 siswa, sedangkan metode pengumpulan data
yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji
validitas, uji reliabilitas, analissis regresi linear berganda, analisis varian garis regresi,
uji F, Uji t dan standart error of estimate.
Hasil dari analisis data yaitu dibuktikan dengan menggunakan uji F dengan
hasil F
(115,289 > 3,14) dengan tingkat
α
= 0,05 > signifikansi 0,000.
Secara parsial dengan uji t variabel faktor internal berpengaruh terhadap prestasi
belajaar IPS siswa dengan t
hitung
> F
tabel
hitung
= 8,137 > t
= 1,998 dan
α
= 0,05 > sig. f = 0,000
dan variabel faktor eksternal juga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi
belajar IPS dengan t
hitung
= 6,582 > t
tabel
tabel
= 1,998 dan
α
= 0,05 > sig. f = 0,000.
Koefisien determinasi (R
) yang berarti faktor internal dan faktor eksternal
memberikaan proporsi sumbangan sebesar 78,23%. Proporsi sumbangan tersebut
merupakan persentase secara signifikan antara kedua variabel faktor internal dan
faktor eksternal terhadap prestasi belajar IPS. Dengan proporsi masing-masing
variabel faktor internal memberikan sumbangan sebesar 44,47% dan faktor eksternal
memberikan sumbangan sebesar 33,76%.
square
Kesimpulan dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa di antara kedua
variabel bebas yang diteliti terbukti variabel faktor internal mempunyai pengaruh
dominan terhadap prestasi belajar IPS kelas VII SMP Negeri 5 Jember semester
ganjil tahun ajaran 2008/2009. | en_US |