Show simple item record

dc.contributor.authorSITI AMINAH
dc.date.accessioned2014-01-19T23:35:22Z
dc.date.available2014-01-19T23:35:22Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nimNIM080210274018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17658
dc.description.abstractPembelajaran yang nampak di SD Negeri Pakel 02 memang belum sesuai dengan harapan. Berdasarkan pengalaman belajar, hasil pembelajaran IPA di kelas IV ternyata nilainya rendah yaitu dengan nilai ketuntasan klasikal 68,75%. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran IPA di kelas kebanyakan masih menggunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepada semua siswa dan juga pengaruh sumber daya manusia siswa sendiri yang kurang begitu baik. Guru mengajar dengan metode konvensional yaitu metode ceramah dan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hafal tanpa adanya kegiatan dalam pembelajaran IPA dan guru juga jarang memberikan LKS. Keadaan ini diperparah dengan terbatasnya jumlah guru mengajar (6 rombel 3 guru kelas), sehingga guru harus merangkap ke beberapa kelas dan sulit memberikan materi secara maksimal. Dari data diatas, maka peneliti memberikan solusi dengan penerapan pendekatan discovery untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa karena penerapan pendekatan discovery melalui metode demonstrasi, eksperimen, dan diskusi kelompok dapat memberikan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan ketrampilan sosial, meningkatkan kreativitas dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan melalui kegiatan percobaan dan diskusi kelompok serta yang paling penting, memberikan pengalaman belajar secara nyata dan bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2010/2011 dengan pengambilan data yang mulai dilaksanakan pada tanggal 21 Pebruari 2011 sampai 17 Maret 2011 bertempat di SDN Pakel 02 Lumajang dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 16 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 7 anak laki – laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan harian semester II, peringkat kelas (rangking) pada semester I Tahun Ajaran 2010/2011, analisis aktivitas siswa dalam pembelajaran pendekatan discovery siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan siklus II. Analisis data terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran pendekatan discovery pada siklus I mencapai 75 % sedangkan pada silkus II mencapai 100 %. Analisis ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siklus I mencapai 87,5 % sedangkan pada siklus II mencapai 100%. Sedangkan daya serap klasikal pada siklus 1 68,13% dan pada siklus II 76,06 %. Berdasarkan analisis ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II maka siswa kelas IV SD Negeri Pakel 02 Lumajang telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila terdapat minimal 70 % siswa telah mencapai nilai ≥ 56. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SD Negeri Pakel 02 Kec. Gucialit Lumajang tahun pelajaran 2010/2011 dalam proses pembelajaran gaya dan energi. Hal ini terbukti pada siklus I diketahui 12,5% sangat aktif, 62,5% aktif dan 25% cukup aktif, sedangkan pada siklus II diketahui 43,75% sangat aktif dan 56,25% aktif. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pakel 02 Kec. Gucialit Lumajang tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran gaya dan energi. Hal ini dibuktikan pada siklus I terungkap daya serap klasikal sebesar 68,13% dengan ketuntasan belajar secara klasikal 87,5%, pada siklus II daya serap klasikal sebesar 76,06% dengan ketuntasan belajar secara klasikal 100%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274018;
dc.subjectPENDEKATAN DISCOVERYen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY DI SDN PAKEL 02 LUMAJANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record