dc.description.abstract | Tujua
n
pe
ndidi
ka
n
ke
wa
rga
ne
g
a
ra
a
n
pa
d
a
da
sa
rn
y
a
a
da
l
a
h
menja
dikan
w
a
r
g
a
ne
ga
ra
y
a
n
g
c
e
rda
s
d
a
n
ba
ik
se
rta
mampu
mend
ukung
k
e
be
rl
a
n
g
sun
g
a
n
ba
ng
s
a
da
n
ne
ga
ra
.
M
a
ta
p
e
laja
r
a
n
P
Kn
y
a
n
g
dipela
ja
ri
da
ri
ti
ng
k
a
t
da
s
a
r
s
a
mp
a
i
ti
ng
k
a
t
pe
r
g
ur
ua
n
ti
ngg
i
b
e
na
r
be
na
r
m
e
mi
li
ki
pe
ra
na
n
y
a
n
g
se
ntr
a
l
da
n
str
a
t
e
g
is
d
a
lam
ke
ra
n
g
ka
ke
se
lu
ruha
n
s
ist
e
m
da
n
struktur
kuri
kulum
pe
ndidi
ka
n
na
si
ona
l
g
un
a
mew
ujudkan
tuj
ua
n
pe
ndidi
ka
n
y
a
n
g
tela
h
dig
a
riska
n
.
Na
mun
pa
da
ke
n
y
a
t
a
a
nn
y
a
,
model
a
tau
me
tode
y
a
n
g
dig
un
a
ka
n
g
u
ru
da
lam
men
g
a
ja
r
ti
da
k
opti
mal
menga
kibatka
n
a
kti
vit
a
s
da
n
ha
sil
be
laja
r
sis
wa
ti
da
k
se
suai
de
n
ga
n
y
a
n
g
dii
ng
inkan.
R
umus
a
n
masa
lah
da
l
a
m
pe
ne
li
ti
a
n
ini
a
da
la
h
ba
g
a
im
a
na
k
a
h
p
e
ne
r
a
pa
n
model
pe
mbela
jar
a
n
S
AV
I
(
So
matic,
Audit
ory,
Visual
i
zati
on,
And
Inte
lec
tual
ly
)
de
n
g
a
n
metode
be
rma
in
pe
ra
n
u
ntuk
mening
ka
tkan
a
kti
v
it
a
s
da
n
ha
sil
be
laja
r
sis
wa
ke
las
VA
S
DN
Ke
rtosa
ri
01
pa
da
mata
pe
laja
ra
n
P
Kn
pokok
ba
ha
sa
n
ke
putus
a
n
be
rsa
ma
tahun
a
jar
a
n
2012/2013?
.
Tuju
a
n
pe
ne
li
ti
a
n
ini
a
da
lah
u
ntuk
menin
g
ka
tkan
a
k
ti
vit
a
s
da
n
ha
sil
be
laja
r
sis
wa
ke
l
a
s
VA
pa
d
a
mata
pe
laja
ra
n
P
Kn
pokok
b
a
ha
s
a
n
ke
putus
a
n
be
rsa
ma
men
gg
un
a
ka
n
model
pe
mbela
jar
a
n
S
A
V
I
(
Som
ati
c
,
Audit
ory,
V
isual
izat
ion
,
a
nd In
tele
c
tual
ly
)
.
R
a
nc
a
n
g
a
n
pe
n
e
li
ti
a
n
y
a
ng
di
g
una
k
a
n
a
da
lah
P
e
ne
li
ti
a
n
Tind
a
ka
n
Ke
las
(PTK)
.
P
e
nde
ka
t
a
n
y
a
n
g
dig
una
k
a
n
a
da
l
a
h
pe
nd
e
ka
tan
kua
li
tatif.
D
e
sa
in
pe
ne
li
ti
a
n
y
a
n
g
di
g
una
ka
n
a
d
a
lah
a
da
ptasi
mod
e
l
skema
Hopkins
y
a
n
g
t
e
rdir
i
da
ri
4
fa
se
meliput
i
pe
re
nc
a
na
a
n,
ti
nda
ka
n,
obser
v
a
si,
da
n
re
fle
ksi.
S
ubjek
pe
ne
li
ti
a
n
a
da
lah
sis
wa
ke
las
V
A
S
DN
Ke
rtosa
ri
01
J
e
mber
se
ba
n
y
a
k
36
sis
w
a
.
M
e
tode
y
a
n
g
dig
una
k
a
n
untuk
pe
n
g
u
mpul
a
n
da
ta
men
gg
un
a
ka
n
metode
obs
e
rva
si,
wa
wa
n
c
a
r
a
,
dokumenta
si,
da
n
metod
e
tes.
P
e
ne
li
ti
a
n
ini
dil
a
kuka
n
da
lam
2
sikl
us
di
mana
ti
a
p
sikl
usn
y
a
g
ur
u dibantu ol
e
h obse
rve
r
untuk m
e
n
g
a
mati aktivi
tas be
laja
r siswa
.
B
e
rd
a
sa
rk
a
n
a
na
li
sis
da
ta
diper
oleh,
menunjukka
n
ba
hwa
pe
ne
ra
pa
n
m
ode
l
pe
mbela
jar
a
n
S
AV
I
(
S
omatic,
Audit
ory,
Visual
izat
ion,
And
Inte
lec
tual
ly
)
da
pa
t
mening
ka
tk
a
n
a
kti
vit
a
s
da
n
ha
sil
be
laja
r
sis
wa
.
Ha
l
ini
dibukt
ika
n
de
ng
a
n
pe
rse
ntase
a
kti
vit
a
s
be
laja
r
sis
wa
se
c
a
r
a
klasika
l
pa
da
sikl
us
I
se
be
sa
r
58,33%
(a
kti
f)
da
n
pe
rse
ntase
sikl
us
II
s
e
be
sa
r
85,06%
(s
a
n
g
a
t
a
kti
f)
.
S
e
da
n
g
k
a
n
pe
rse
ntas
e
ke
tunt
a
sa
n
ha
sil
be
laja
r
sis
wa
se
c
a
r
a
klasika
l
pa
da
sikl
us
I
se
be
sa
r
58,33
%
y
a
n
g
te
rd
iri
a
tas
21
sis
wa
mempe
role
h
skor
tes
ha
sil
be
laja
r
diata
s
72
(nila
i
KK
M
mata
pe
laja
ra
n
P
Kn
S
DN
Ke
rtosa
ri
01)
d
a
n
1
5
sis
wa
mempe
rol
e
h
sko
r
tes
ha
sil
be
l
a
jar
diba
wa
h
72
(nila
i
KK
M
mata
pe
laja
ra
n
P
Kn
S
DN
K
e
rtosa
ri
01)
.
P
e
rse
ntas
e
ke
tunt
a
s
a
n
ha
sil
be
laja
r
sis
wa
pa
da
s
ikl
us
I
I
se
c
a
ra
klasika
l
se
b
e
sa
r
9
1,66
%
y
a
n
g
te
rdir
i
a
tas
33
sis
wa
mempe
role
h
skor
tes
ha
sil
be
laja
r
diata
s
72
(nil
a
i
KK
M
mata
pe
laja
ra
n
P
Kn
S
DN
Ke
rtosa
ri
01)
d
a
n
3
sis
wa
mempe
rol
e
h
skor
tes
h
a
sil
be
laja
r
dibaw
a
h
72
(nila
i
KK
M
mata
pe
laja
r
a
n
P
Kn
S
DN
Ke
rtosa
ri
01
).
J
a
di
da
pa
t
disi
mpul
ka
n
ke
tunt
a
sa
n
ha
sil
be
laja
r siswa
men
ga
lami
pe
ning
k
a
tan da
ri sikl
us
I
ke
sikl
us
I
I
s
e
ba
n
y
a
k 33,
33%
.
Ke
sim
pulan
da
lam
pe
ne
li
ti
a
n
ini
a
da
lah
pe
ne
ra
pa
n
model
pe
mbela
ja
ra
n
pe
mbela
jar
a
n
S
AV
I
(
So
matic,
Audit
ory,
Visual
izat
ion,
And
Inte
lec
tual
ly
)
pa
da
mat
a
pe
laja
ra
n
P
Kn
pokok
b
a
ha
sa
n
ke
putus
a
n
b
e
rsa
ma
da
pa
t
mening
k
a
tkan
a
kti
vit
a
s
be
laja
r
sis
w
a
da
ri
k
a
te
gori
a
kti
f
menja
di
sa
n
g
a
t
a
kti
f
da
n
h
a
sil
be
laja
r
sis
wa
da
ri
ka
te
g
or
i
ti
da
k
tunt
a
s
menja
di
tunt
a
s.
S
a
ra
n
da
lam
pe
ne
li
ti
a
n
ini
a
d
a
lah
model
pe
mbela
jar
a
n
S
AV
I
ini
he
nda
kn
y
a
ti
da
k
ha
n
y
a
d
it
e
ra
pka
n
p
a
da
mata
p
e
la
jar
a
n
P
Kn,
a
ka
n
teta
pi
pa
d
a
mata
p
e
laja
ra
n
lain
y
a
n
g
se
su
a
i
de
nga
n
ka
ra
kte
risti
k
pe
mbela
jar
a
n
S
AV
I
. | en_US |