Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI ROBIATUL ADAWIYAH
dc.date.accessioned2014-01-19T15:19:55Z
dc.date.available2014-01-19T15:19:55Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nimNIM090920101022
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17550
dc.description.abstractProfesionalisme adalah kesungguhan bekerja dengan penuh tanggung jawab dan mengoptimalkan semua sumber daya yang ada demi tercapainya tujuan. Dikemukakan oleh Robert G. Murdick dan Joel Ross, indikator profesionalisme antara lain: knowledge (pengetahuan), competent application (aplikasi kecakapan), social responsibility (tanggung jawab sosial), self-control (pengendalian diri), community sanction (sanksi masyarakat atau sosial). Profesionalisme guru adalah kemampuan guru untuk melakukan tugas pokoknya sebagai pendidik dan pengajar meliputi kemampuan merencanakan, melakukan, dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Motivasi berprestasi adalah dorongan yang berasal dari dalam diri orang-orang untuk berprestasi dan berusaha berprestasi dalam upaya untuk mencapai tujuan. kinerja berasal dari kata job performance (prestasi kerja) atau actual performance (prestasi sesungguhnya yang dicapai) (Mangkunegara, 2000). Kinerja atau performansi dapat diartikan sebagai prestasi kerja. Beragam model kinerja dari para ahli seperti Keith Davis (1084), Lower dan Porter (1976), Ander dan Butzin (1982) serta Mitchell (1978). Teori yang penulis pergunakan mengukur kinerja guru adalah model Davis, Model Davis yaitu kinerja (performance) adalah kemampuan (ability) dan motivasi (motivation). Kinerja menurut Davis sebagai berikut. Kinerja= Kemampuan + Motivasi, Kemampuan = Pengetahuan + Skill, Motivasi =tindakan + Situasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, nilai koefisien R xi 2 hitung (Koefisien Determinasi), yakni sebesar 0,362. Besaran ini menunjukkan pada efektivitas garis regresi yang diperoleh dalam menjelaskan variasi pada variabel dependen. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan variabel independen profesionalisme (X1) dan motivasi prestasi (X2) terhadap kinerja guru (Y) adalah sebesar 36,20%. Selebihnya sebesar 63,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam model regresi yang diperoleh. Persentase besarnya pengaruh yang diberikan oleh setiap variabel bebas terhadap variabel terikat: Persentase pengaruh dari X Y sebesar: 0.377 x 0.528 x 100% = 19.93%. Persentase pengaruh dari X terhadap Y sebesar: 0.546 x 0.298x 100% = 16.27%. Total pengaruh yang diberikan oleh masingmasing variabel bebas yaitu sebesar: (19.93% + 16.27%) = 36.20%. sama dengan hasil R square 36,20% atau pengaruh secara bersama sama. Berdasarkan hasil perhitungan di atas maka variabel bebas memberikan pengaruh yang hampir seimbang, namun yang paling dominan memberikan pengaruh terhadap Y yaitu pengaruh profesionalisme (X1) sebesar 0,528. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang ada, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh kesimpulan bahwa: 1. Terdapat pengaruh yang positif antara profesionalisme terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Jember 1 sebesar 0,528, dengan tingkat pengaruh yang sedang, dengan prosentase pengaruh dari profesionalisme terhadap kinerja guru sebesar 19,93 %. xii 2. Terdapat pengaruh yang positif antara motivasi prestasi terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Jember 1 sebesar 0,298,dengan tingkat pengaruh yang rendah, dengan prosentase pengaruh dari motivasi prestasi terhadap kinerja sebesar 16,27 %. 3. Terdapat pengaruh yang positif dan dengan tingkat pengaruh yang rendah antara profesionalisme dan motivasi prestasi guru terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Jember 1 sebesar 0,362.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090920101022;
dc.subjectprofesionalisme, motivasi prestasi, kinerjaen_US
dc.titlePENGARUH PROFESIONALISME DAN MOTIVASI PRESTASI TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI JEMBER 1en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record