dc.description.abstract | Pelayanan petugas loket Puskesmas selama ini masih menggunakan dua sistem
yang berbeda yaitu sistem manual dan juga sistem komputer, sehingga perlu
dianalisis waktu, tenaga dan sumberdaya manusia. Penelitian dilakukan dengan
tujuan umum untuk menganalisis perbandingan sistem pelayanan di loket antara
komputerisasi dan manual pada puskesmas di Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif analitik, yaitu suatu penelitian yang
digunakan untuk menuturkan dan menafsirkan perbandingan, persamaan atau
perbedaan fenomena tertentu berdasarkan kesimpulan dari analisis data yang ada.
Sampel penelitian adalah 8 Puskesmas yang terdiri dari 4 Puskesmas yang
menggunakan sistem pelayanan manual dan 4 puskesmas yang menggunakan
sistem pelayanan komputer.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang cukup signifikan pada
pendataan pasien di loket antara sistem komputer dan manual (p=0,025), ada
perbedaan pencarian data pasien antara sistem komputer dan manual (p=0,034),
ada perbedaan waktu pelayanan antara sistem komputer dan manual pada
Puskesmas Di Kabupaten Bondowoso (p = 0,025), ada perbedaan ketepatan waktu
pelaporan antara sistem komputer dan manual (p=0,017), namun tidak ada
perbedaan pengetahuan petugas loket tentang sistem komputer antara sistem
komputer dan manual p=(0,655), tidak ada perbedaan jumlah kebutuhan petugas
loket antara sistem komputer dan manual pada Puskesmas Di Kabupaten
Bondowoso (p=1 ,000).
Kesimpulan yang dapat ditarik adalah ada perbedaan metode (pendataan dan
pencarian data pasien) dan waktu (waktu pelayanan dan waktu pelaporan) dan
tidak ada perbedaan sumber daya manusia (pengetahuan dan jumlah petugas
loket) antara Puskesmas yang menggunakan sistem pelayanan manual dan yang
menggunakan sistem pelayanan komputer. Diharapkan Dinas Kesehatan dapat
mendukung implementasi dari Sistem Informasi Manajemen Puskesmas baik dari
sarana dan prasarana serta pelatihan-pelatihan yang mendukung. | en_US |