dc.description.abstract | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang mengkaji
seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan ilmu
sosial. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi
warga Negara Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab, serta warga dunia
yang cinta damai.
Melalui penggunaan media tiga dimensi diharapkan akan menciptakan
suasana belajar yang menyenangkan, tidak membosankan dan siswa dapat lebih aktif
dan kreatif dalam proses pembelajaran. Harapan akhir dari penelitian ini adalah
dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian
adalah: bagaimanakah penggunaan media tiga dimensi untuk meningkatkan hasil
belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi pada siswa kelas IV
di SDN Paleran 05 kecamatan Umbulsari kabupaten Jember tahun pelajaran
2010/1011? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk
meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi
melalui penggunaan media tiga dimensi pada siswa kelas IV di SDN Paleran 05
kecamatan Umbulsari kabupaten Jember tahun pelajaran 2010/1011.
Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Paleran 05 mulai tanggal 25
Februari sampai 10 Maret 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah
model skema dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi
(reflection). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi,
dokumentasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus.
Setelah di lakukan penelitian pada siswa kelas IV SDN Paleran 05 ketuntasan
hasil belajar siswa meningkat pada siklus I mencapai 40% dan telah mencapai
ketuntasan belajar secara klasikal di kelas IV, sedangkan disiklus II persentase
ketuntasan belajar mencapai 80%, sehingga peneliti menghentikan penelitian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil
belajar pada pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi sesudah
diterapkannya pembelajaran menggunaan media tiga dimensi. Penggunaan media tiga
dimensi dengan pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dapat
meningkatkan minat siswa untuk belajar karena media yang di gunakan sangat
menarik bagi siswa. | en_US |