dc.description.abstract | Pembelajaran Matematika di Indonesia saat ini sebagian besar masih
berorientasi pada guru, siswa kurang dilibatkan secara aktif baik fisik maupun mental
serta belajar selalu mengaitkan dengan konteks dalam proses pembelajarannya.
Penilaian pada hasil belajar siswa juga masih menitik beratkan pada tes akhir saja.
Oleh sebab itu perlu adanya suatu strategi pembelajaran khusus yang dapat memberi
solusi permasalahan tersebut. Salah satunya adalah pembelajaran menggunakan
strategi REACT dengan authentic assessment. Strategi REACT merupakan salah satu
strategi pembelajaran yang dapat membantu guru untuk menanamkan konsep pada
siswa, sehingga siswa tidak sekedar menghafal rumus, akan tetapi siswa dapat
menemukan sendiri, bekerjasama, dapat menerapkan dalam kehidupan dan dapat
mentransfer dalam konteks baru, sekaligus belajar selalu mengaitkan dengan konteks.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan, aktivitas dan
ketuntasan hasil belajar siswa pada penerapan strategi REACT dengan authentic
assessment pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di kelas VIII A
semester genap SMP Negeri 12 Jember tahun ajaran 2006/2007.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
menggunakan model skema spiral Hopkins. Pengambilan data dimulai tanggal 17
Februari 2007 s/d 5 Maret 2007. Sumber data diperoleh dari hasil dokumentasi,
observasi, tes dan interviu. Metode analisa data yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dan kuantitatif terhadap data yang diperoleh dari hasil tes, tugas, observasi
dan interviu. | en_US |