Show simple item record

dc.contributor.authorRina Nur Alifiah Fitriani
dc.date.accessioned2014-01-19T02:17:04Z
dc.date.available2014-01-19T02:17:04Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nimNIM070210204121
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17214
dc.description.abstractProses pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam menunjang keberhasilan pendidikan. Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat menarik minat anak untuk belajar. Dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat, diharapkan hasil belajar siswa akan meningkat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Mrawan 02, pada pembelajaran IPS guru sudah mengggunakan metode diskusi pada beberapa pokok bahasan. Namun hasil belajar siswa masih belum optimal. Berdasar hasil observasi di kelas IV diketahui bahwa metode diskusi yang digunakan hanya berupa diskusi tanpa adanya bimbingan dari guru. Kurangnya peran guru dalam membimbing jalannya diskusi menyebabkan tidak adanya pembagian tugas dalam kelompok. Selain itu guru juga kurang berperan dalam membimbing kelompok untuk mendapatkan informasi untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada dalam materi pembelajaran. Problem Based Instruction merupakan salah satu model pembelajaran yang dalam langkah-langkahnya menuntut guru untuk bertindak sebagai fasilitator dan konselor yang memberikan kritik yang membangun. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan dapat ditarik rumusan permasalahan bagaimanakah penerapan PBI yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran PBI pada pokok bahasan kenampakan alam. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran PBI serta meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran PBI. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan subyek penelitian sebanyak 32 siswa di SDN Mrawan 02 Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas guru, dan tes akhir siklus. Aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 87%, sedangkan pada siklus 2 sebesar 81%. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 54% dan pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84%. Setelah peneliti menerapkan model problem based instruction hasil belajar siswa khususnya pada pokok bahasan kenampakan alam mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada data masing-masing siklus, secara garis besar peningkatan keberhasilan dari kondisi awal ke siklus I yaitu dari 47% menjadi 54%, peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 juga cukup baik yaitu dari 54% menjadi 84%. Penggunaan model problem based instruction terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan kenampakan alam pada siswa kelas IV SDN Mrawan 02 kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dikemukakan saran bagi peneliti lain yang menerapkan model PBI hendaknya dapat melaksanakan tahaptahap dalam model tersebut secara maksimal serta mengupayakan untuk menciptakan lingkungan dimana siswa dapat terlibat secara aktif dalam diskusi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204121;
dc.subjectMODEL PROBLEM BASED INSTRUCTIONen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SDN MRAWAN 02 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record