Show simple item record

dc.contributor.authorRasuna Fitriati
dc.date.accessioned2014-01-19T00:36:26Z
dc.date.available2014-01-19T00:36:26Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nimNIM020210103305
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17121
dc.description.abstractPembaharuan pendidikan dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas guru sebagai pelaksana pendidikan. Guru diharapkan dapat menyampaikan bahan pelajaran kepada siswa dengan cara dan metode yang tepat. Selain itu, buku sebagai sarana belajar juga penting keberadaannya. Metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi tersebut adalah metode pembelajaran terbalik ( reciprocal teaching ) . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2006 di SMA Negeri 1 Kalisat. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dimana sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan perhitungan t tes dan nilai efektivitas relatif. Hasil yang diperoleh adalah adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen ( 80,65 ± 6,90 ) dan kelas kontrol ( 75,15 ± 6,45 ). Melalui perhitungan t tes diperoleh t hitung sebesar 4,78 dan ttabel 1,991. hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya diperoleh nilai efektivitas relatif sebesar 7,32 %. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran reciprocal teaching lebih efektif sebesar 7,32 % dibanding dengan pembelajaran konvensional. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara metode pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) dengan metode konvensional dalam pembelajaran biologi sub konsep alat indera dan penggunaan metode pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) lebih efektif dibanding dengan metode konvensional dalam pembelajaran biologi sub konsep alat indera.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210103305;
dc.subjectMetode Pembelajaran Terbaliken_US
dc.titleEfektivitas Metode Pembelajaran Terbalik ( Reciprocal Teaching ) Dengan Pembanding Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Biologi (Sub Konsep Alat Indera Kelas XI SMA Negeri 1 Kalisat Tahun Ajaran 2005/2006),en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record