Show simple item record

dc.contributor.authorVika Nur Indah W.
dc.date.accessioned2014-01-18T11:27:18Z
dc.date.available2014-01-18T11:27:18Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM070210191144
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17051
dc.description.abstractProses belajar mengajar di sekolah masih cenderung berpusat pada guru. Siswa jadi pasif karena jarang diberi kesempatan untuk ambil bagian dalam kegiatan pembelajaran. Selama ini guru hanya menilai siswa hanya berdasarkan nilai kognitif saja. Nilai aktivitas siswa hanya dijadikan sebagai nilai tambahan saat penilaian di raport. Tidak ada rumus tertentu untuk menilai siswa secara menyeluruh baik dari segi kognitif maupun segi efektif dan psikomotorik. Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif Subyek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gumukmas. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Penerapan model pembelajaran koopertif Analisis hasil observasi menunjukkan adanya peninggkatan aktivtas siswa dan aktifitas guru. Hal tersebut dapat diketahui berdasarkan persentase rata-rata aktifitas siswa dan aktifitas guru tiap siklus. Paada sisklus I , rata-rata aktifitas siswa sebesar 86,66%. Presentase aktivitas guru pada siklus I pertemuan I sebesar 97,22% dan pada siklus II pertemuan II sebesar 100%. Ini menunjukan bahwa siswa telah mampu melaksanakan suatu diskusi dalam pembelajaran. Giru/ peneliti juga telah mampu melakukan pendekatan dan bimbingan kepada siswa dalam kelompok untuk aktif dsan berpartisipasi dalam kelompok. Ketuntasan hasil belajar siswa di nilai menggunakan authentic asssessment dengan sumber yaitu proyek, PR,LKS, tes akhir, aktivitas individu, aktivitas kelompok dan nilai teman sendiri. Persentase ketuntasan klasikal siklus I sebesar 86, 49% dan siklus II sebesar 91,89%. Ini menunjukan presentase ketuntasan serta klasikal meningkat sebesar 5,4%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191144;
dc.subjectCooperative Learning Teknik Make A Match, Authentic Assessment, Ketuntasan Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH MENGGUNAKAN AUTHENTIC ASSESSMENT SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII-F SMP NEGERI 1 GUMUKMAS TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record