• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH MENGGUNAKAN AUTHENTIC ASSESSMENT SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII-F SMP NEGERI 1 GUMUKMAS TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Vika Nur Indah W. - 070210191144_1.pdf (261.6Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Vika Nur Indah W.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses belajar mengajar di sekolah masih cenderung berpusat pada guru. Siswa jadi pasif karena jarang diberi kesempatan untuk ambil bagian dalam kegiatan pembelajaran. Selama ini guru hanya menilai siswa hanya berdasarkan nilai kognitif saja. Nilai aktivitas siswa hanya dijadikan sebagai nilai tambahan saat penilaian di raport. Tidak ada rumus tertentu untuk menilai siswa secara menyeluruh baik dari segi kognitif maupun segi efektif dan psikomotorik. Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif Subyek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gumukmas. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Penerapan model pembelajaran koopertif Analisis hasil observasi menunjukkan adanya peninggkatan aktivtas siswa dan aktifitas guru. Hal tersebut dapat diketahui berdasarkan persentase rata-rata aktifitas siswa dan aktifitas guru tiap siklus. Paada sisklus I , rata-rata aktifitas siswa sebesar 86,66%. Presentase aktivitas guru pada siklus I pertemuan I sebesar 97,22% dan pada siklus II pertemuan II sebesar 100%. Ini menunjukan bahwa siswa telah mampu melaksanakan suatu diskusi dalam pembelajaran. Giru/ peneliti juga telah mampu melakukan pendekatan dan bimbingan kepada siswa dalam kelompok untuk aktif dsan berpartisipasi dalam kelompok. Ketuntasan hasil belajar siswa di nilai menggunakan authentic asssessment dengan sumber yaitu proyek, PR,LKS, tes akhir, aktivitas individu, aktivitas kelompok dan nilai teman sendiri. Persentase ketuntasan klasikal siklus I sebesar 86, 49% dan siklus II sebesar 91,89%. Ini menunjukan presentase ketuntasan serta klasikal meningkat sebesar 5,4%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17051
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository