Show simple item record

dc.contributor.authorGandi Siaga Utama
dc.date.accessioned2014-01-18T04:54:53Z
dc.date.available2014-01-18T04:54:53Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM070210101108
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16860
dc.description.abstractSaat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat, begitu pula dengan perkembangan teknologi handphone atau yang sering disebut HP. Handphone yang pada awalnya hanya berfungsi sebagai alat komunikasi untuk mengirim pesan dan membuat panggilan sekarang sudah berkembang menjadi sebuah alat yang kompleks yang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja melainkan dapat digunakan untuk bermacam-macam keperluan dan sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, mulai dari multimedia, game, bahkan sekarang handphone sudah dimanfaatkan untuk keperluan traksaksi misalnya mobile banking. Keberadaan handphone dalam dunia pendidikan mendapat sorotan bahwa handphone membawa dampak negatif kepada siswa. Banyak dijumpai sekolah yang melarang siswanya untuk menggunakan handphone di sekolah. Hal ini bertolak belakang dengan tujuan pembelajaran yang akan memberikan bekal pengetahuan berbasis IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) kepada siswa. Bukankah keberadaan handphone merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi? Oleh sebab itu peneliti melakukan sebuah penelitian dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran yang memanfaatkan handphone sebagai alat yang dapat menyajikan sebuah materi pembelajaran yang bisa diakses oleh siswa sehingga handphone dapat memberikan dampak positif bagi siswa karena dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang praktis dan efisien yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jember dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Multimedia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil pengembangan media dan mengetahui tanggapan serta respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D (Four-D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate) (Hobri, 2010:12-15). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan wawancara tidak terstruktur. Data hasil angket yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menjadi 2 tahap, yang pertama adalah pengumpulan data untuk keperluan validitas yaitu untuk mengetahui kelayakan uji coba media. Yang kedua adalah pengumpulan data melalui uji coba produk di tempat penelitian. Pada pengumpulan data tahap pertama yaitu tahap validasi yang mana media dievaluasi oleh pakar pendidikan matematika dan pakar teknologi informasi, diperoleh hasil dalam bentuk peresntase sebesar 88,81 %. Hal ini menyatakan bahwa media pembelajaran masuk dalam kategori baik dan layak untuk diujicobakan. Pada pengumpulan data tahap kedua yaitu penilaian oleh siswa diperoleh hasil dalam bentuk persentase sebesar 66,93%. Hal ini menyatakan bahwa media pembelajaran masuk dalam kategori cukup baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101108;
dc.subjectPengembangan Mathematics Mobile Learning Application, Software Java 2 Micro Editionen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MATHEMATICS MOBILE LEARNING APPLICATION (MMLA) MENGGUNAKAN SOFTWARE JAVA 2 MICRO EDITION (J2ME) PADA SUB POKOK BAHASAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DALAM SEGITIGA SIKU-SIKU SMK KELAS XIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record