• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MATHEMATICS MOBILE LEARNING APPLICATION (MMLA) MENGGUNAKAN SOFTWARE JAVA 2 MICRO EDITION (J2ME) PADA SUB POKOK BAHASAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DALAM SEGITIGA SIKU-SIKU SMK KELAS XI

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Gandi Siaga Utama - 070210101108_1.pdf (228.4Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Gandi Siaga Utama
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat, begitu pula dengan perkembangan teknologi handphone atau yang sering disebut HP. Handphone yang pada awalnya hanya berfungsi sebagai alat komunikasi untuk mengirim pesan dan membuat panggilan sekarang sudah berkembang menjadi sebuah alat yang kompleks yang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja melainkan dapat digunakan untuk bermacam-macam keperluan dan sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, mulai dari multimedia, game, bahkan sekarang handphone sudah dimanfaatkan untuk keperluan traksaksi misalnya mobile banking. Keberadaan handphone dalam dunia pendidikan mendapat sorotan bahwa handphone membawa dampak negatif kepada siswa. Banyak dijumpai sekolah yang melarang siswanya untuk menggunakan handphone di sekolah. Hal ini bertolak belakang dengan tujuan pembelajaran yang akan memberikan bekal pengetahuan berbasis IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) kepada siswa. Bukankah keberadaan handphone merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi? Oleh sebab itu peneliti melakukan sebuah penelitian dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran yang memanfaatkan handphone sebagai alat yang dapat menyajikan sebuah materi pembelajaran yang bisa diakses oleh siswa sehingga handphone dapat memberikan dampak positif bagi siswa karena dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang praktis dan efisien yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jember dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Multimedia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil pengembangan media dan mengetahui tanggapan serta respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D (Four-D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate) (Hobri, 2010:12-15). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan wawancara tidak terstruktur. Data hasil angket yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menjadi 2 tahap, yang pertama adalah pengumpulan data untuk keperluan validitas yaitu untuk mengetahui kelayakan uji coba media. Yang kedua adalah pengumpulan data melalui uji coba produk di tempat penelitian. Pada pengumpulan data tahap pertama yaitu tahap validasi yang mana media dievaluasi oleh pakar pendidikan matematika dan pakar teknologi informasi, diperoleh hasil dalam bentuk peresntase sebesar 88,81 %. Hal ini menyatakan bahwa media pembelajaran masuk dalam kategori baik dan layak untuk diujicobakan. Pada pengumpulan data tahap kedua yaitu penilaian oleh siswa diperoleh hasil dalam bentuk persentase sebesar 66,93%. Hal ini menyatakan bahwa media pembelajaran masuk dalam kategori cukup baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16860
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3427]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail