dc.description.abstract | 1. Setelah dilakukan pengolahan data hasil penelitian diperoleh hasil perhitungan analisis
regresi linear berganda yang menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh
yang signifikan antara budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru
SMPN 1 Sudimoro Pacitan tahun 2009.
2. Dari perhitungan secara parsial menunjukkan bahwa budaya organisasi mempunyai
pengaruh signifikan terhadap kinerja guru, hal ini di tunjukkan dengan proporsi yang
diberikan sebesar 23, 651%, budaya organisasi yang terjadi di SMPN Sudimoro
berjalan dengan baik, tetapi kenyataanya, guru di SMPN 1 Sudimoro Pacitan dalam
melaksanakan budaya organisasi bagi sekolah dan proses KBM di kelas berdasarkan
tuntutan profesi sebagai guru saja, guru hanya bertindak sebagai pelaksana tetapi
tidak mengembangkan. Lingkungan kerja menurut hasil penelitian ini memberikan
kontribusi yang lebih besar atau lebih dominan terhadap kinerja guru dengan proporsi
sebesar 55,044%. Besarnya proporsi sumbangan variabel lingkungan kerja
dikarenakan lingkungan yang mendukung dan kondusif sangat dibutuhkan guru
dalam kinerjanya dan lingkungan di SMPN 1 Sudimoro dirasakan cukup mendukung
kinerja para guru.
5.2 Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas dari penelitian ini maka peneliti dapat
memberikan saran sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa budaya organisasi dan lingkungan
kerja berpengaruh terhadap kinerja guru, oleh karena itu semua pihak baik guru,
Kepala Sekolah dan pihak Sekolah umumnya selalu meningkatkan pelaksanaan
budaya organisasi yang positif, budaya organisasi tidak hanya dilaksanakan sebatas
tuntutan profesi saja, tetapi hendaknya dikembangkan demi peningkatan kualitas para
guru dan sekolah.
2. Untuk meningkatkan kinerja guru, Sekolah juga harus menjaga lingkungan kerja yang
menyenangkan dan nyaman baik itu dari segi sarana pelayanan, kondisi kerja, dan
57
suasana tempat kerja agar guru-guru terus bersemangat, lingkungan kerja yang
kondusif juga terus di tingkatkan agar sekolah menjadi semakin maju dengan
keberadaan guru-gurunya yang berkualitas.
3. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat 21,4% sumbangan variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini yang juga turut mempengaruhi kinerja. Oleh karena itu
diharapkan bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian serupa dengan
penelitian ini untuk mengambil variabel lain yang tidak turut diteliti dalam penelitian
ini misalnya, motivasi, kedisiplinan, komunikasi atau kemampuan kerja. | en_US |