• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DALAM FORUM DISKUSI MAHASISWA

    Thumbnail
    View/Open
    c (26)c_1.pdf (527.4Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Bunita Ebta Sari Sucipto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Forum diskusi seminar merupakan kegiatan diskusi yang banyak dilakukan dalam pembelajaran. Seminar pada umumnya merupakan pertemuan untuk membahas masalah tertentu dengan prasaran serta tanggapan melalui diskusi dan pengkajian untuk mendapatkan suatu konsensus/keputusan bersama. Masalah yang dibahas pada umumnya terbatas dan spesifik/tertentu, bersifat ilmiah dan subject approach. Alasan mengkaji “Tindak Tutur Representatif dalam Forum Diskusi Mahasiswa” ini adalah wujud tindak tutur dalam proses forum diskusi seminar proposal skripsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni PBSI FKIP Universitas Jember memiliki ragam wujud tindak tutur khususnya tindak tutur representatif yang disampaikan oleh penyaji maupun peserta seminar. Selain itu dalam tiap tuturan tersebut memiliki modus tuturan yang beragam. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini mencakup : 1) bagaimanakah wujud tindak tutur representatif dalam forum diskusi seminar proposal skripsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember? 2) bagaimanakah modus tutur pada tindak tutur representatif dalam forum diskusi seminar proposal skripsi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Seni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember? . Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) memperoleh deskripsi tentang wujud tindak tutur representatif dalam forum diskusi mahasiswa tersebut, 2) memperoleh deskripsi tentang modus tutur dalam forum diskusi mahasiswa tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan dua metode yaitu observasi dan rekam (menggunakan alat bantu MP4 dan kamera digital/kamera camcorder). Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang terdiri atas tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud tuturan representatif dalam forum diskusi seminar proposal skripsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni PBSI FKIP Universitas Jember meliputi : 1) tindak tutur representatif menyatakan, 2) tindak tutur representatif mengakui, 3) tindak tutur representatif memuji, 4) tindak tutur representatif menyebutkan, 5) tindak tutur representatif memberitahu, 6) tindak tutur representatif mengemukakan pendapat, 7) tindak tutur representatif mengungkapkan alasan, 8) tindak tutur representatif menunjukkan sesuatu. Dalam tindak tutur tersebut terdapat pula penanda atau pemarkah verba yang berfungsi sebagai penjelas dan pelengkap suatu tuturan. Pada wujud tindak tutur representatif tersebut juga diperoleh beberapa modus tindak tutur yang befungsi untuk mengungkapkan maksud dari penutur dalam menyampaikan tuturannya dalam forum diskusi mahasiswa tersebut yaitu : 1) modus desideratif, 2) modus imperatif, 3) modus indikatif, 4) modus interogatif, 5) modus obligatif, 6) dan modus optatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diajukan saran: 1) bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pengembangan dan pengayaan keterampilan bahasa yaitu keterampilan berbicara khususnya pada materi tentang diskusi, 2) bagi mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan diskusi dalam mata kuliah pragmatik, dan 3) bagi peneliti lain yang ingin mengadakan penelitian serupa, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan untuk mengadakan penelitian yang sejenis dalam lingkup yang lebih luas, yaitu misalnya dalam aspek fungsi tuturan, strategi, implikatur, deiksis, atau berdasarkan prinsip kerja sama (maksim)
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16747
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository