Show simple item record

dc.contributor.authorBudi Zainul Mutaqin
dc.date.accessioned2014-01-18T03:50:32Z
dc.date.available2014-01-18T03:50:32Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM080210274042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16742
dc.description.abstractBanyak faktor yang menentukan keberhasilan proses belajar mengajar.Diantara faktor-faktor yang paling dominan adalah guru, siswa dan sarana buku penunjang. Dari faktor guru, guru hendaknya menguasai materi yang akan disampaikan, metode yang digunakan haruslah bervariasi, jika tidak maka tidak heran siswa bosan, jenuh dan mungkin malas untuk mengikuti pembelajaran, teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Matematika dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran Matematika, khususnya pada operasi hitung bilangan bulat, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika tentang operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberejo 06 yang terdiri dari 25 siswa, 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 25 Januari 2011 sampai 30 April 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sumberejo 06 Kec. Ambulu Kab. Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran operasi hitung penjumlahan bilangan bulat menggunakan media garis bilangan adalah: sebelum perbaikan 54,6% pada siklus I persentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar 66,7%; siklus II sebesar 92%. Hal ini relevan dengan dengan hasil belajar siswa yang juga mengalami peningkatan yaitu: sebelum perbaikan 59,6%; siklus I menjadi 69,2% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,6%. Berdasarkan data di atas, dapat dilihat bahwa seluruh siswa berhasil mencapai tujuan belajarnya pada siklus kedua, dengan rata-rata nilai hasil belajar 79,6 atau tingkat pencapaian 79,6%. Maka pembelajaran ini mengalami kemajuan dan dapat dikatakan “ Tuntas “. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan Media Garis Bilangan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran Matematika materi operasi hitung penjumlahan bilangan bulat di SDN Sumberejo 06 Kec. Ambulu Kab. Jemberen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080 210 274 042;
dc.subjectPENGUASAAN KONSEP PENJUMLAHAN BILANGAN BULATen_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN SUMBEREJO 06 KEC. AMBULU KAB. JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record