Show simple item record

dc.contributor.authorKusmaningrum, Ratna
dc.date.accessioned2014-01-18T03:17:26Z
dc.date.available2014-01-18T03:17:26Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM070210192116
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16705
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari waktu ke waktu semakin pesat dan canggih didukung pula oleh arus globalisasi yang semakin hebat. Perkembangan teknologi itu sendiri memerlukan landasan ilmu pengetahuan yang kuat. Fisika pada hakikatnya merupakan proses dan produk tentang pengkajian gejala alam. Sehingga untuk menguasai fisika tidak cukup hanya diperoleh dengan cara belajar buku dan sekedar mendengarkan dari pihak lain. Salah satu permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran fisika saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Kemampuan berpikir dalam proses pembelajaran saat ini sangat lemah, demikian juga dengan kemampuan berbicara yang dimiliki oleh siswa. Data hasil observasi dan wawancara awal yang dilakukan pada tanggal 27 Oktober 2011 dengan guru bidang studi fisika kelas XI SMA Negeri Candipuro tahun ajaran 2011/2012, diketahui bahwa ditemukan adanya ketidakmampuan berbicara dalam diskusi yaitu di kelas XI-IPA 2 dengan jumlah siswa 39 orang diperoleh 23,07% atau 9 siswa yang semangat menyampaikan pendapat; 30,79% atau 12 siswa dapat menyampaikan pendapat dengan jelas; 25,64% atau 10 siswa menggunakan pengucapan dengan lancar; dan 20,50% atau 8 siswa menggunakan struktur kalimat dengan runtut. Selain itu, ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI-IPA 2 juga tergolong rendah. Hal tersebut ditunjukkan dari data kelas yaitu 33,33% atau 13 siswa dinyatakan tuntas (≥73) dan 66,66% atau 26 siswa dinyatakan tidak tuntas (≤73). Adapun rumusan masalah yang ada pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara dalam diskusi dan ketuntasan hasil belajar fisika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) disertai metode eksperimen pada siswa kelas XI-IPA 2 SMA Negeri Candipuro. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara dalam diskusi dan ketuntasan hasil belajar fisika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) disertai metode eksperimen pada siswa kelas XI-IPA 2 SMA Negeri Candipuro. Dengan demikian, maka diperlukan perbaikan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE disertai metode eksperimen, dimana model ini merupakan kombinasi yang saling melengkapi yaitu selain melatih siswa berbicara menyampaikan pendapat, juga melatih siswa melakukan percobaan berkelompok. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas XI-IPA 2 SMA Negeri Candipuro tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor kemampuan berbicara dalam diskusi, ketuntasan hasil belajar yakni pada pra siklus, siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Kemampuan berbicara dalam diskusi siswa telah mengalami peningkatan dari pra-siklus sebesar 21,3%; siklus I sebesar 38,5 dan siklus II sebesar 61,3%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada pra-siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 41,02%; siklus I 69,23% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,05%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara dalam diskusi dan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe SFAE disertai metode eksperimen dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan memahami konsep suatu pembelajaran terutama pembelajaran fisika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192116;
dc.subjectBerbicara Diskusi, Hasil Belajar Fisika, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Student Facilitator And Explaining, SFAE, Metode Eksperimenen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Berbicara dalam Diskusi dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Disertai Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas XI-IPA 2 SMA Negeri Candipuro Tahun Ajaran 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record