Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Melalui Model Course Review Horay pada Siswa Kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010-2011
Abstract
Pendidikan merupakan suatu hal yang mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap umat manusia untuk menghadapi kerasnya hidup dan beratnya tantangan di masa yang akan datang. Salah satu satu cara yang ditempuh adalah dengan memajukan dunia pendidikan nasional, melalui peningkatan mutu dan kualitas pendidikan serta memperluas akses pendidikan untuk masyarakat. 
Ilmu  Pengetahuan  Sosial 	(IPS)  adalah  bidang  studi  yang  mempelajari, 
menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan. 
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kesilir 02 Wuluhan Kabupaten Jember 
Tahun Pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Kondisi yang 
terjadi pada siswa kelas IV bahwasannya siswa kurang menguasai materi dari konsep 
IPS yang diajarkan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Ketika proses 
pembelajaran IPS sedang berlangsung masih banyak siswa yang enggan untuk 
mengikuti pelajaran. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa siswa yang berbicara 
sendiri,  mondar-mandir,  banyak  siswa  yang  bermain  sendiri  dengan  teman 
sebangkunya, dan enggan mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Cara 
yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan model 
pembelajaran yang menyenangkan yaitu model course review horay. Model course 
review horay merupakan suatu model pembelajaran dengan pengujian pemahaman 
menggunakan kotak yang diisi dengan nomor untuk menuliskan jawabannya, yang 
paling dulu mendapatkan tanda benar secara vertikal, horisontal, atau diagonal 
langsung berteriak horay (hore). Penggunaan model course review horay ini sengaja 
peneliti  pilih  karena  ingin  menciptakan  suasana  kelas  menjadi  meriah  dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak’hore!’ atau yel-yel lainnya yang disukai. 
Rumusan  masalah  yang  ingin  dicapai  pada  penelitian  ini  adalah 	: 	(1) 
bagaimanakah penggunaan model course review horay dapat meningkatkan motivasi belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan?, (2) bagaimanakah penggunaan model course review horay  dapat  meningkatkan  hasil  belajar    IPS  Pokok  Bahasan  Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan? 
Tujuan  penelitian  yang  ingin  dicapai  pada  penelitian  ini  adalah 	: 	(1) 
meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model course review horay pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan, (2) meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model course review horay pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan. 
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  sebagai  berikut 	: 	(1) 
penggunaan model course review horay dapat meningkatkan motivasi belajar IPS 
pokok bahasan perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 
Wuluhan tahun pelajaran 2010-2011, yaitu skor rata-rata yang diperoleh sebelum 
adanya tindakan sebesar 38,26%, siklus I sebesar 53,64%, siklus II sebesar 60,22%. 
(2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan ketuntasan klasikal sebesar 30,43%, siklus I sebesar 56,52%, siklus II sebesar 78,26%. 
Saran-saran  yang  dapat  diberikan  adalah 	: 	(1)  diharapkan  guru  dapat 
menggunakan  model  course  review  horay  sebagai  alternatif  dalam  proses 
pembelajaran, (2) bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu 
bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami materi, (3) penelitian ini bisa 
memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan 
mutu pendidikan terutama di SDN Kesilir 02 Wuluhan khususnya, (4) penelitian ini 
dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis menggunakan 
model course review horay
