Show simple item record

dc.contributor.authorAfif Hamdalah
dc.date.accessioned2014-01-18T01:06:57Z
dc.date.available2014-01-18T01:06:57Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM062110101047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16534
dc.description.abstractMasalah kesehatan gigi di Indonesia masih merupakan hal yang menarik karena prevalensi karies dan penyakit periodontal mencapai 80% dari jumlah frekuensi penduduk. Upaya kesehatan gigi perlu ditinjau dari aspek lingkungan, pendidikan, kesadaran masyarakat dan penanganan kesehatan gigi termasuk pencegahan dan perawatan. Kelompok utama yang terserang karies gigi adalah kelompok usia 6-14 tahun dengan indeks DMF-t 2,2. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember diperoleh hasil perawatan gigi pada rata-rata jumlah murid SD sebesar 1000,265 (41,38%) yang mengalami kerusakan gigi terbesar di beberapa kelompok usia. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbedaan efektivitas metode ceramah dengan media cerita bergambar dan permainan ular tangga dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap terhadap praktik menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jumlah sampel sebanyak 78 orang, masing-masing 26 orang untuk tiap kelompok yang diteliti. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik Wilcoxon Rank Sum Test dan Kruskall Wallis program SPSS 11.5 dengan α = 0,05. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2010, data yang diambil yaitu data primer dari kuesioner siswa atau responden di SDN Patrang 02 dan data sekunder diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar sebanyak 43 responden dengan persentase 55% berjenis kelamin perempuan dan sebanyak 35 responden dengan persentase 45% berjenis kelamin laki-laki. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa metode ceramah dengan media cerita bergambar maupun media permainan ular tangga mampu memberikan pengaruh terhadap perubahan tingkat pengetahuan p=0,0001 untuk media cerita bergambar dan p=0,0001 untuk permainan ular tangga, sikap mendukung p=0,002 pada cerita bergambar dan p=0,0001 pada permaianan ular tangga, serta praktik menggosok gigi yang baik dan benar p=0,004 untuk cerita bergambar dan p=0,0001 untuk permaian ular tangga sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan. Walaupun kedua media tersebut mampu memberikan perubahan, tetapi terdapat perbedaan perubahan pengetahuan (p=0,0001), sikap (p=0,0001), dan praktik (p=0,0001) mengenai kesehatan gigi dan mulut antar responden yang mendapatkan penyuluhan dengan media cerita bergambar dan media permainan ular tangga. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari perubahan nilai rata-rata post test responden, peningkatan pencapaian nilai rata-rata pengetahuan, sikap, dan praktik responden pada kelompok perlakuan media permainan ular tangga (3,65; 1,65 dan 2,85) lebih tinggi daripada pencapaian pada kelompok media cerita bergambar (1,31; 0,27; dan 1) dan kelompok kontrol (0,65; 0,19; dan 0). Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian tersebut adalah efektivitas media permainan ular tangga lebih tinggi daripada media cerita bergambar dalam mempersepsikan pengetahuan, sikap, dan praktik tentang kesehatan gigi dan mulut. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka media permainan ular tangga dapat menjadi pilihan utama dalam menentukan media pendidikan pada siswa SDN Patrang 02 Jember untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik siswa tentang kesehatan gigi dan mulut dengan didukung pula adanya cerita bergambar. Selain itu instansi pemerintah yang terkait baik Dinas Kesehatan, Puskesmas Patrang ataupun lembaga sekolah perlu memanfaatkan media-media baru yang inovatif dalam memberikan penyuluhan kesehatan yang bisa digunakan juga sebagai media pembelajaran baik di bidang pendidikan maupun kesehatan, seperti contohnya media permainan ular tangga ataupun media cerita bergambar yang membuat siswa tertarik untuk mengikuti penyuluhan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries062110101047;
dc.subjectEFEKTIVITAS METODE CERAMAHen_US
dc.titlePERBEDAAN EFEKTIVITAS METODE CERAMAH DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DAN CERAMAH DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK KESEHATAN GIGI DAN MULUT (Studi pada Siswa Kelas 3 SDN Patrang 02 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record