Show simple item record

dc.contributor.authorRia Akbarina
dc.date.accessioned2014-01-18T00:50:39Z
dc.date.available2014-01-18T00:50:39Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM070210204284
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16517
dc.description.abstractKesulitan siswa dalam memahami materi dalam pembelajaran IPS dikarenakan metode yang digunakan guru cenderung monoton yaitu ceramah dan penugasan. Juga anggapan siswa mengenai materi pembelajaran IPS yang bersifat hafalan saja. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan ketika pembelajaran berlangsung siswa banyak yang gaduh, tidak memperhatikan penjelasan guru, berbicara dengan teman sebangkunya, bahkan ada yang bermain benda-benda mainan. Hal ini membuat hasil belajar siswa kurang dari standart ketuntasan yang ditentukan. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Curahmalang 2 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahmalang 2 Kecamatan Rambipuji, dimulai pada tanggal 24 Juli 2010 sampai tanggal 31 Juli 2010, subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 24 anak, tediri dari 10 perempuan dan 14 laki- laki. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Yindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir siklus II, Rekapitulasi motivasi belajar siswa selama siklus I dan II, jawaban guru dan siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil observasi pada motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPS pada siklus I yaitu aktivitas guru mencapai 93,9%, motivasi belajar siswa adalah 2,2 dan tergolong kategori sedang, dan hasil belajar siswa 66,67%. Pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 96,9%, motivasi belajar siswa adalah 2,9 dan tergolong kategori tinggi, dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 87,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ( 1 ) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif numbered heads together pada kelas V SD Negeri Curahmalang 2 berjalan dengan baik. Guru mengajak siswa untuk terlibat secara aktif selama pembelajaran. Koordinasi antara guru dengan para obsever berjalan dengan baik sehingga hambatan yang dihadapi selama pembelajaran dapat diselesaikan dengan baik (2) pembelajara IPS dengan penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari siklus I mencapai 2,2 dengan criteria sedang, kemudian mengalami peningkatan 0,9 menjadi 2,9 dengan criteria tinggi, (3) ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 66,67% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar sebesar 20,83% menjadi 87,5%. Sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204284;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHERen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS SDN CURAHMALANG 2 RAMBIPUJI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record