Show simple item record

dc.contributor.authorISMAIL
dc.date.accessioned2014-01-18T00:34:16Z
dc.date.available2014-01-18T00:34:16Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM080210204195
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16497
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan karena kurangnya kemampuan siswa dalam menghitung keliling dan luas segitiga. Terlihat dalam mengerjakan soal menghitung keliling dan luas segitiga, siswa tidak mengerti apa yang harus diketahui dan ditanyakan (memahami masalah), tidak bisa merencanakan bagaimana cara menyelesaikan (menemukan rumus matematika), menyelesaikan rencana (mengerjakan jawaban), dan memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas segitiga selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Bucor Kulon 01 Kecamatan Pakuniran, dimulai tanggal 29 Oktober 2010 sampai tanggal 13 Nopember 2010, subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 anak. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam Penerapan Matematika Realistik. Dari hasil analisis rata-rata aktifitas guru selama pembelajaran matematika realistik pada siklus I yaitu 69% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 16%. Dan aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu dari aktif menjadi sangat aktif. Sedangkan hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I secara klasikal sebesar 53% dan siklus II secara klasikal sebesar 78%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan pembelajaran matematika realistik pada materi keliling dan luas segitiga untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Bucor Kulon 01 Kecamatan Pakuniran berjalan dengan baik, siswa terlihat lebih antusias dan tertarik dalam mengikuti pelajaran. (2) penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. (3) Pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I secara klasikal sebesar 53% (tidak tuntas) dan siklus II secara klasikal sebesar 78% (tuntas).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204195;
dc.subjectPEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIKen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BUCOR KULON 01 TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record