Show simple item record

dc.contributor.authorPaidi Supriyanto
dc.date.accessioned2014-01-17T13:43:26Z
dc.date.available2014-01-17T13:43:26Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM070210204382
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16449
dc.description.abstractPenelitian ini didasarkan pada pengamatan awal di lapangan, yang menunjukkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V Negororejo II Lumbang masih sangat rendah. Hal ini dapat kita ketahui dari hasil tes kemampuan membaca puisi siswa sebelum dilaksanakan tindakan menunjukkan bahwa yang mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥ 65) hanya sebanyak 9 siswa dari total 18 orang siswa atau 50% dari jumlah siswa dan sisanya sebanyak 9 siswa masih belum mencapai ketuntasan nilai. Masalah rendahnya kemampuan membaca puisi siswa kelas V Negororejo II Lumbang tersebut dikarenakan oleh beberapa hal pertama siswa kesulitan dalam membacakan puisi, hal ini dapat dilihat dari cara membacakan puisi siswa masih menggunakan nada yang datar hanya sesekali memberikan penekanan kata dan siswa cenderung saling menyuruh jika disuruh membacakan puisi. Alasan kedua guru lebih memfokuskan menjelaskan materi kemudian guru menyuruh siswa membaca puisi di depan kelas dan tidak semua siswa mendapatkan kesempatan untuk membacakan puisinya, selain itu juga kurang sesuainya metode yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan puisi. Untuk mengatasi permasalahan itu digunakan teknik pemodelan, karena dalam pemodelan ini siswa dapat melihat secara langsung bagaimana cara pembacaan puisi yang baik dan benar. Model yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yang pertama guru kelas, yang kedua peneliti yang bertindak sebagai guru kelas dan rekaman pembacaan puisi, dan model yang ketiga adalah dengan menggunakan video pembacaan puisi yang diputar melalui media VCD dan televisi Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut; (1) Bagaimanakah penerapan teknik pemodelan yang dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V di SDN Negororejo II Lumbang; (2) Bagaimana kemampuan membaca puisi siswa kelas V di SDN Negororejo II Lumbang sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan. Selaras dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Penerapan membaca puisi dengan teknik pemodelan yang dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V di SDN Negororejo II Lumbang; (2) Kemampuan membaca puisi siswa kelas V di SDN Negororejo II Lumbang sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini bersifat kolaboratif. Penelitian ini dilaksanankan di SDN Negororejo II, dikarenakan kemampuan membaca puisi siswa kelas lima di SD tersebut masih rendah. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari observasi dan wawancara sedangkan data kuantitatif didapat dari nilai tes kemampuan siswa dalam membacakan puisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Negororejo II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan pembahasan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca puisi siswa kelas V SDN Negororejo II masih rendah. Rendahnya kemampuan membaca puisi siswa pada siklus I terletak pada aspek intonasi dan aspek keberanian, sedangkan pada siklus II terletak pada aspek keberanian dan aspek penghayatan, tetapi permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan teknik pemodelan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204382;
dc.subjectKEMAMPUAN MEMBACA PUISIen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMODELAN SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI NEGOROREJO II LUMBANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record