Show simple item record

dc.contributor.authorPENI WIDYASTUTI
dc.date.accessioned2014-01-17T13:19:21Z
dc.date.available2014-01-17T13:19:21Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM060210274074
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16445
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN Mlokorejo 05 Puger tahun 2009/2010. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Mlokorejo 05 Puger tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa 25 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Data dikumpulkan melalui metode tes, observasi dan wawancara. Hasil observasi di prasiklus dari 25 siswa hanya 10 siswa yang mampu membaca lancar ( nilainya diatas 60 ), sisanya belum lancar membaca ( nilai rataratanya 51,64 berarti daya serap terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia membaca permulaan hanya sebesar 40%. Hasil penelitian pada siklus 1 jumlah siswa yang mulai terampil/mampu membaca 12 siswa dengan ketuntasan klasikal 52% berada dalam kategori belum tuntas/belum terampil membaca. Pada siklus 2 jumlah siswa yang mulai terampil/mampu membaca 20 siswa dengan ketuntasan klasikal 80% termasuk kategori tuntas/sudah mampu membaca. Dengan demikian bila kita lihat dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah menerapkan permainan bahasa dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210274074;
dc.subjectMENERAPKAN PERMAINAN BAHASA (LANGUAGE GAMES)en_US
dc.titlePENELITIAN TINDAKAN KELAS PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENERAPKAN PERMAINAN BAHASA (LANGUAGE GAMES) PADA SISWA KELAS I SDN MLOKOREJO 05 PUGER - JEMBER TAHUN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record