dc.description.abstract | Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran Bahasa
Indonesia untuk SD Kelas V semester 1, Standar Kompetensi yang harus dicapai
siswa adalah mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara
tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis. Sedangkan
Kompetensi Dasar yang harus dicapai siswa adalah menulis karangan berdasarkan
pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. Berdasarkan
Kompetensi Dasar diatas, hal yang harus dicapai siswa adalah siswa dapat menyusun
karangan khususnya karangan deskripsi yang bertujuan agar siswa dapat
mengungkapkan pendapat, atau pemikiran yang dimiliki, selain itu dapat
mengembangkan daya pikir dan kreativitas siswa dalam menulis khusunya menulis
karangan deskripsi. Berdasarkan kondisi yang terjadi dikelas V SDN Rambipuji 02
ditemukan beberapa permasalahan dalam hal menulis karangan. Diantaranya 1) siswa
kurangnya minat siswa dalam hal menulis karanga, 2) media yang digunakan guru
kurang menarik, 3) kurangnya siswa dalam mengemukakan ide dalam suatu
permasalahan. Dengan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian
dengan cara penggunaan media pembelajaran yang menarik minat siswa yaitu
penggunaan media video (audio visual) pada proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil observasi dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu 1)
bagaimanakah penggunaan media penayangan video (audio visual) yang dapat
meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas V SDN
Rambipuji 02 Jember ? dan 2) bagaimanakah kemampuan menulis karangan
deskriptif setelah dilakukan pembelajaran melalui media penayangan video (audio
visual) pada siswa kelas V SDN rambipuji 02 Jember?. Tujuan yang ingin dicapai
dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan media
viii
penayangan video (audio visual) yang dapat meningkatkan kemampuan menulis
karangan deskriptif pada siswa kelas V SDN Rambipuji 02 serta untuk mengetahui
dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan deskriptif setelah
dilakukan pembelajaran melalui media penayangan video (audio visual) pada siswa
kelas V SDN Rambipuji 02 Jember.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
dilakukan di SDN Rambipuji 02 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Subjek
penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Rambipuji 02 yang berjumlah 32 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Prosedur penelitian yang digunakan ada 4 tahap yaitu : perencanaan,
tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus 1 dan
siklus 2.
Hasil penelitian ini yaitu siswa dapat termotivasi belajar dengan penggunaan
media pembelajaran yang digunakan guru, sehingga memotivasi siswa dalam menulis
karangan deskripsi dan akibatnya hasil belajar siswa untuk siklus 1 mencapai rata-rata
skor 73,78 dari 32 siswa. Pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar yang hasilnya
mencapai skor 78,41 secara klasikal dari 32 siswa. Peningkatan tersebut terjadi
disebabkan guru melakukan strategi pembelajaran yang berbeda dibandingkan pada
siklus 1 yaitu dengan meminta siswa secara berkelompok untuk mengamati, melihat,
menghayati bersama-sama. Tujuannya agar siswa dapat saling berdiskusi, saling
memberikan saran dan pendapat pada saat mengamati tayangan video tersebut,
sehingga dapat memudahkan siswa dalam mengemukakan ide dan pikirannya dalam
mendeskripsikan video yang ditayangkan.
Peneliti menyarankan agar guru SD dapat memanfaatkan media pembelajaran
yang menarik agar dapat memotivasi semangat belajar siswa; untuk siswa hendaknya
lebih bersemangat ketika proses pembelajaran dan mengemukakan idenya agar
pengetahuannya bertambah banyak, tidak perlu malu untuk menyampaikan
pertanyaan dan pendapat yang dimiliki. | en_US |