Show simple item record

dc.contributor.authorPuput Siska Wardani
dc.date.accessioned2014-01-17T11:39:12Z
dc.date.available2014-01-17T11:39:12Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM080210204036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16425
dc.description.abstractAktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: penyampaian materi sebagian besar dilakukan dengan metode ceramah tetapi hendaknya divariasikan dengan metode lain yang memungkinkan peserta didik untuk aktif, evaluasi yang diberikan hanya sebatas mengerjakan soal tulis saja. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah pembelajaran PAKEM. Masalah penelit ian ini dirumuskan sebagai berikut, (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012?, (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012?. Selaras dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelit ian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012. Penelit ian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 melalui strategi pembelajaran PAKEM. Pengambilan data dilaksanakan di SDN Jember Lor 02, dimulai pada tanggal 02 April 2012 sampai 27 April 2012. Subyek penelit ian adalah siswa kelas V SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 40 siswa, terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPS melalui strategi pembelajaran PAKEM menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 60%, dan pada siklus II mencapai 90%, persentase tersebut termasuk dalam kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 30% dari siklus I ke siklus II. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal untuk siklus I 60% dari seluruh jumlah siswa, yang t idak tuntas 16 siswa. Untuk siklus II ada peningkatan, siswa yang t idak tuntas berkurang menjadi 5 siswa dengan persentase 87,5% secara klasikal. Kesimpulan dari penelit ian ini adalah penerapan strategi pembelajaran PAKEM dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang dapat diberikan adalah hasil penelit ian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai motivasi untuk melakukan penelit ian sejenis sekaligus pengembangannya, selain itu diharapkan guru dan pihak sekolah dapat terus menerapkan strategi pembelajaran PAKEM sebagai sumbangan pemikiran demi meningkatkan mutu pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204036;
dc.subjectPenerapan Strategi Pembelajaran PAKEMen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DI SDN JEMBER LOR 02 TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record