Show simple item record

dc.contributor.authorJuwita, Ratna
dc.date.accessioned2014-01-17T08:01:07Z
dc.date.available2014-01-17T08:01:07Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM040210102166
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16346
dc.description.abstractPembelajaran IPA memerlukan partisipasi aktif antara guru dan siswa. Guru harus mampu menyelenggarakan suatu proses belajar mengajar yang melibatkan siswa sehingga kegiatan pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru. Guru harus tepat dalam memilih model dan strategi pembelajaran serta variasi penggunaan media pembelajaran yang tepat agar suasana pembelajaran tidak membosankan sekaligus membantu guru menyampaikan materi supaya dapat diterima siswa dengan mudah. Salah satu usaha untuk meningkatkan peran aktif siswa yang diharapkan berdampak positif terhadap hasil belajarnya adalah penerapan model siklus belajar tipe empiris induktif yang dipadukan dengan kartun fisika sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengkaji adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika dengan pembelajaran model konvensional pada pembelajaran fisika SMP Negeri 1 Ambulu, (2) untuk mengkaji bagaimanakah aktifitas belajar siswa yang menggunakan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika pada pembelajaran fisika SMP Negeri 1 Ambulu, (3) untuk mengkaji seberapa besar efektifitas pembelajaran fisika dengan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika pada pembelajaran fisika SMP Negeri 1 Ambulu . Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ambulu, yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VIII. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling, dengan teknik undian untuk menentukan kelas eksperimen yang menerima pembelajaran fisika dengan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika dan kelas kontrol yang menerima pembelajaran model konvensional. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test and post-test design. Metode pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisa data yang dilakukan yaitu; (1) uji beda hasil belajar untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) uji aktivitas untuk mengkaji prosentase aktivitas siswa selama pembelajaran fisika dengan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika, (3) uji efektifitas hasil belajar untuk mengkaji seberapa besar efektifitas pembelajaran dengan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika. Berdasarkan hasil uji beda hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung sebesar 2,67 dan ttabel sebesar 1,99. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis aktivitas siswa secara klasikal diperoleh prosentase sebesar 84,49% yang berarti masuk kategori aktif. Untuk hasil uji efektifitas diperoleh nilai efektifitas sebesar 78,76% dan termasuk dalam kriteria efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika dan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional pada pembelajaran fisika SMP Negeri 1 Ambulu, (2) aktivitas siswa dengan pembelajaran model siklus belajar tipe e mpiris induktif disertai kartun fisika pada pembelajaran fisika SMP Negeri 1 Ambulu termasuk dalam kategori aktif dengan prosentase aktivitas sebesar 84,49%, (3) efektifitas penerapan model siklus belajar tipe e mpiris induktif disertai kartun fisika pada pembelajaran fisika SMP Negeri 1 Ambulu adalah sebesar 78,76% dan termasuk dalam kategori efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210102166;
dc.subjectModel Siklus Belajar, Tipe Empiris Induktif, Kartun Fisika, Pembelajaran Fisika SMP Negeri 1 Ambuluen_US
dc.titlePenerapan Model Siklus Belajar Tipe Empiris Induktif Disertai Kartun Fisika Pada Pembelajaran Fisika SMP Negeri 1 Ambuluen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record