dc.description.abstract | Proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif apabila seorang guru
bisa menggunakan metode-metode yang bervariatif utamanya pada media
pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan media
gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok bahasan
jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Bodang 03 Kabupaten Lumajang.
Berdasarkan rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS SDN Bodang 03 disebabkan
oleh beberapa faktor yaitu; strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang
tepat, ketika menerangkan pelajaran suara guru kurang jelas sehingga siswa yang
duduk di belakang tidak dapat memahami pelajaran, dan penggunaan media
pembelajaran yang sangat terbatas. Salah satu cara untuk memecahkan masalah pada
mata pelajaran IPS, guru harus mengubah strategi pembelajaran, menggunakan media
gambar sebagai media pembelajaran, hal ini bertujuan untuk menarik minat siswa
selama mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa bisa dengan mudah memahami
materi.
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalaui
media gambar sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS pokok bahasan
jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Bodang 03 Kab. Lumajang Tahun
Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dilakukan di SDN Bodang 03 Kec.Padang
Kab. Lumajang pada tanggal 3 Januari 2011 sampai tanggal 14 Januari 2011. Subyek
penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 13, terdiri 6 laki-laki dan 7
perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif
vii
dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa analisis jawaban siswa pada tes sklus I dan siklus II.
Hasil persentase ketuntasan hasil belajar siswa pasa siklus I yaitu 46,1%, ,
hasil tes formatif Siklus I 59,2%, Sedangkan ketuntasan secara klasikal pada siklus I
mencapai 59,2%. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan
yang signifikan pada siklus II yaitu 84,6%, hasil tes formatif siklus II 98,3%.
Sedangkan ketuntasan secara klasikal pada siklus II mencapai 76%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN bodang 03 telah banyak mengalami peningkatan mulai dari siklus I sampai dengan siklus II telah mencapai SKM.
Setelah diamati dan dikaji ternyata pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar dapat menarik minat, perhatian dan kemauan siswa untuk mempelajari IPS, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sesuai dengan SKM yang ditentukan oleh sekolah | en_US |