Show simple item record

dc.contributor.authorRatna Dwi, Antariningsih
dc.date.accessioned2014-01-17T07:15:52Z
dc.date.available2014-01-17T07:15:52Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM070210204289
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16215
dc.description.abstractProses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif apabila seorang guru bisa menggunakan metode-metode yang bervariatif utamanya pada media pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Bodang 03 Kabupaten Lumajang. Berdasarkan rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS SDN Bodang 03 disebabkan oleh beberapa faktor yaitu; strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang tepat, ketika menerangkan pelajaran suara guru kurang jelas sehingga siswa yang duduk di belakang tidak dapat memahami pelajaran, dan penggunaan media pembelajaran yang sangat terbatas. Salah satu cara untuk memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS, guru harus mengubah strategi pembelajaran, menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran, hal ini bertujuan untuk menarik minat siswa selama mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa bisa dengan mudah memahami materi. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalaui media gambar sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Bodang 03 Kab. Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dilakukan di SDN Bodang 03 Kec.Padang Kab. Lumajang pada tanggal 3 Januari 2011 sampai tanggal 14 Januari 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 13, terdiri 6 laki-laki dan 7 perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif vii dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa analisis jawaban siswa pada tes sklus I dan siklus II. Hasil persentase ketuntasan hasil belajar siswa pasa siklus I yaitu 46,1%, , hasil tes formatif Siklus I 59,2%, Sedangkan ketuntasan secara klasikal pada siklus I mencapai 59,2%. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu 84,6%, hasil tes formatif siklus II 98,3%. Sedangkan ketuntasan secara klasikal pada siklus II mencapai 76%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN bodang 03 telah banyak mengalami peningkatan mulai dari siklus I sampai dengan siklus II telah mencapai SKM. Setelah diamati dan dikaji ternyata pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar dapat menarik minat, perhatian dan kemauan siswa untuk mempelajari IPS, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sesuai dengan SKM yang ditentukan oleh sekolahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070 210 204 289;
dc.subjectHasil Belajar Siswa, Media Gambar, Pokok Bahasan, Jenis-Jenis Pekerjaanen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN JENIS-JENIS PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 3 SDN BODANG 03 KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record