Show simple item record

dc.contributor.authorKURNIASARI PURNOMO PUTRI
dc.date.accessioned2014-01-17T07:13:57Z
dc.date.available2014-01-17T07:13:57Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM020210301231
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16209
dc.description.abstractAktivitas belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Ekonomi berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang diterapkan guru kurang membangkitkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Grati Tunon Kabupaten Pasuruan. Penentuan subyek penelitian menggunakan populasi, yaitu di kelas VIII.B dengan jumlah siswa sebanyak 42 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas VIII.B, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru bidang studi dan kabag tata usaha. Desain dari penelitian ini adalah model spiral Hopkins dengan menggunakan empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi dan metode wawancara. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Sebelum tindakan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sangat rendah yaitu sebesar 2,2, pada siklus I motivasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi sedang yaitu sebesar 3,2, dan pada siklus II menjadi tinggi sebesar 3,4en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210301231;
dc.subjectPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS INKUIRIen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS INKUIRI GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record