dc.description.abstract | Aktivitas belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Ekonomi berdampak
pada rendahnya motivasi belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya
adalah model pembelajaran yang diterapkan guru kurang membangkitkan motivasi
belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar
siswa melalui penerapan pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri pada mata
pelajaran Ekonomi.
Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Grati Tunon Kabupaten Pasuruan.
Penentuan subyek penelitian menggunakan populasi, yaitu di kelas VIII.B dengan
jumlah siswa sebanyak 42 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas
VIII.B, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru bidang studi dan kabag tata
usaha. Desain dari penelitian ini adalah model spiral Hopkins dengan menggunakan
empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh
data dalam penelitian ini digunakan metode observasi dan metode wawancara.
Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
motivasi belajar siswa. Sebelum tindakan motivasi siswa dalam mengikuti proses
pembelajaran sangat rendah yaitu sebesar 2,2, pada siklus I motivasi belajar siswa
mengalami peningkatan menjadi sedang yaitu sebesar 3,2, dan pada siklus II menjadi
tinggi sebesar 3,4 | en_US |