Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Author "NA'IM, Mohammad"
Now showing items 1-15 of 15
-
Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Menggunakan Model Evaluasi CIPP di SMA Negeri 1 Kencong
SAIDAH, Malichatus (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2019-03-05)Pembelajaran sejarah sebagai suatu program juga tidak terlepas dari kekurangan dan kelebihan dari pelaksanaanya. Begitu juga dengan penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah yang masih banyak dijumpai permasalahan ... -
Hubungan Kompetensi Personal Dan Kompetensi Pedadogik Guru Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Pembelajaran Sejarah
RULLOH, Nawang Ayu Sakti (FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN, 2020-01-24)Perkembangan peserta didik di dalam lingkungan kehidupannya yang semakin luas pada masa pengetahuan memerlukan suatu perencanaan pendidikan yang efektif dan efisien Beberapa penelitian yang mengungkapkan pentingnya kompetensi ... -
Hubungan Kompetensi Personal dan Kompetensi Pedadogik Guru Sman Kabupaten Jember Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Pembelajaran Sejarah
RULLOH, Nawang Ayu Sakti (2020)Perkembangan peserta didik di dalam lingkungan kehidupannya yang semakin luas pada masa pengetahuan memerlukan suatu perencanaan pendidikan yang efektif dan efisien Beberapa penelitian yang mengungkapkan pentingnya kompetensi ... -
Implementasi Problem Based Learning dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Tingkat Dasar dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA 1 Arjasa Tahun Ajaran 2018/2019
IRFAN, Mohammad (2019-10-10)Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran sejarah melalui penerapan problem based learning dengan media audio visual pada peserta didik Kelas XI IPS 1 SMAN 1 ... -
Pedagogical Content Knowledge (Pck) Pendidik Sejarah SE Kabupaten Jember
SUSILOWATI, Indah (2019-05-31)Pendidik profesional menjadi salah satu persyaratan meningkatnya kualitas pendidikan suatu negara. Pendidik memiliki peranan besar untuk menciptakan pengalaman belajar yang mendukung target kurikulum. Pendidik juga berperan ... -
Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Penjelajahan Lingkungan Berbasis Sejarah Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Ips 3 Sman 3 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017
SULTHON S, Dimas (2019)Paradigma pembelajaran saat ini mengalami perubahan yang semula berpusat pada pendidik menjadi berpusat pada peserta didik. Pendidik diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik aktif dalam ... -
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017
SULAIHAH (2017-08-03)Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis peningkatan sikap percaya diri melalui penerapan metode pembelajaran buzz group pada peserta didik di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember tahun ajaran 2016/2017 dan (2) ... -
Penerapan Metode Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Ips 2 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Negeri Rambipuji- Jember Tahun Ajar 2018/2019
ARINDA, Aisah Faradilla (2019-04-18)Pembelajaran sejarah saat ini perlu diperhatikan. Pasalnya kemampuan kognitif peserta didik tergolong rendah. Dapat dilihat dari hasil ulangan tengah semester peserta didik banyak yang mendapat nilai dibawah KKM yaitu ... -
Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Historis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMAN Kalisat Tahun Ajaran 2018/2019
FITRASARI, Linda (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2019-05-28)Salah satu tujuan pembelajaran sejarah dalam kurikulum K13 yaitu menumbuhkan keterampilan berpikir sejarah (historical thinking). Namun berdasarkan hasil observasi pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN Kalisat memiliki ... -
Pengaruh Kualitas Pertanyaan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Katolik Santo Paulus Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
SULISTIONA, Antonius Denny Cahyo (2017-12)Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh Kualitas Pertanyaan terhadap Hasil Belajar adalah rendah, yaitu sebesar 0,243; (2) pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar adalah kuat, yaitu sebesar 0,610; ... -
Pengaruh Metode Pembelajaran (Inkuiri dan Resitasi ) dan Gaya Belajar Kognitif terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember Tahun Pelajaran 2015 / 2016
SUSILO, Tri (2018-11-14)Metode Pembelajaran yang sesuai pelajaran sangat menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam memahami pelajaran. Dalam hal ini Pendidik berperan penting sebagai fasilitator penentu metode Peserta didikan dalam ... -
Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 14 pada mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA dengan Model 4D
INAYATI, Siti (2019-10-05)Mata pelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang menunjang pembelajaran yang lebih menekankan pada nilai-nilai kebangsaan, moral dan pembentukan karakter yang berorientasi pada kurikulum 2013. Namun mata ... -
Serangan Umum Pasirian Tahun 1949
FIRDAUSI, Lintang Adellia (2019-08-21)Latar belakang penelitian ini adalah Belanda melakukan Agresi Militer yang keduanya ke Indonesia dengan mengkhianati perjanjian Renville, serangan Agresi Militer Belanda yang kedua ini mendapat jawaban dari rakyat Indonesia ... -
STRATEGI PEMENANGAN GOLONGAN KARYA DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 1971-1997
NISA', Noviah Iffatun (2017-01-18)Hasil dari penelitian ini adalah Pemerintah menempatkan Perwira AD yang setia kepada Soeharto untuk menduduki jabatan birokrasi dalam pemerintahan pusat maupun daerah (Suryadinata, 1992:37). Pemerintah menggunakan berbagai ... -
Studi Komparasi Antara Metode Active Knowledge Sharing Dengan Metode Cooperative Script Terhadap Communication Skills Dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X Mipa Di Sman Kalisat Tahun Ajaran 2018/2019
HIMATURROFI'AH, Vina (2019-04-11)Pembelajaran sejarah di SMAN Kalisat sudah menerapkan metode pembelajaran kooperatif. Namun penerapan metode pembelajaran yang kurang optimal mengakibatkan pembelajaran berlangsung dengan pasif. Oleh karena itu perlu adanya ...