dc.contributor.author | Heny Nastasya Rizky | |
dc.date.accessioned | 2014-01-17T06:41:08Z | |
dc.date.available | 2014-01-17T06:41:08Z | |
dc.date.issued | 2014-01-17 | |
dc.identifier.nim | NIM090810201135 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16109 | |
dc.description.abstract | Dari hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa kompetensi pedagogik
terhadap kinerja berpengaruh tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa
kompetensi pedagogik merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki seorang
guru sehingga tidak berhubungan dengan kinerja. Kompetensi kepribadian
terhadap kinerja berpengaruh signifikan. Hasil ini dipengaruhi kondisi pribadi
terhadap kemampuan dalam melaksanakan dan meningkatkan kinerja suatu
pekerjaan. Kompetensi profesional terhadap kinerja berpengaruh signifikan.
Kemampuan guru dikembangakan mengikuti perkembangan pendidikan yang ada,
misalnya tindakan reflektif penguasaan ilmu teknologi. Kompetensi sosial
terhadap kinerja berpengaruh tidak signifikan. Hal ini dikarenakan kompetensi
sosial yang terjadi di SMAN 2 Genteng hanya menjelaskan suatu hubungan guru
terhadap orang lain (peserta didik, orang tua peserta didik, maupun sesama
pendidik). Dari hasil perhitungan dapat diketahui kompetensi pedagogik terhadap
pengembangan karir guru berpengaruh tidak signifikan. Hal ini telah dijelaskan
pada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja bahwa kompetensi ini
merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki setiap guru, sehingga tidak
berpengaruh terhadap kinerja maupun pengembangan karir guru. Kompetensi
kepribadian terhadap pengembangan karir guru berpengaruh signifikan.
Kepribadian personal seorang guru mencerminkan kepribadian yang stabil,
dewasa, berwibawa dan berakhlak mulia dapat menjadi teladan bagi peserta didik.
Kompetensi profesional terhadap pengembangan karir guru berpengaruh
signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dituntut untuk
menyesuaikan diri dengan perubahan pengetahuan dan keahlian demi kemajuan
peserta didik dan perkembangan karirnya. Selanjutnya adalah kompetensi sosial
terhadap pengembangan karir guru berpengaruh signifikan. Hal ini menunjukkan
interaksi dan komunikasi yang dilakukan guru untuk mencapai karir yang
diinginkan. Demikian juga pengaruh kinerja terhadap pengembangan karir guru
berpengaruh signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan karir terkait
dengan potensi dan kinerja individu serta manajemen karir yang dilakukan dalam
suatu instansi. Melalui program pengembangan karir akan meningkatkan kinerja
dan produktivitas guru. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 090810201135; | |
dc.subject | Kompetensi Guru, Kinerja, Pengembangan Karir | en_US |
dc.title | PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR GURU SMAN 2 GENTENG | en_US |
dc.type | Other | en_US |