Show simple item record

dc.contributor.authorIlanda Widiyanti
dc.date.accessioned2014-01-17T05:39:59Z
dc.date.available2014-01-17T05:39:59Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM080210204029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15926
dc.description.abstractMateri PKn pada umumnya merupakan materi yang berusaha menanamkan konsep yang bersifat abstrak. Artinya konsep tersebut berkaitan dengan sikap siswa yang nantinya harus terinternalisasai pada diri siswa. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mencapai tujuan dari PKn. Pembelajaran PKn di sekolah dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Berdasarkan hasil observasi di SDN Sumbersari 01 jember, terdapat permasalahan yaitu hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VB masih kurang dari kriteria ketuntasan minimal (yaitu 65 yang telah disesuaikan dengan kriteria ketuntasan secara nasional) yang telah ditetapkan oleh SDN Sumbersari 01 Jember. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran PKn ini adalah melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media gambar dan kokami pada pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dengan menggunakan media gambar dan kokami di SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran PKn pokok bahsan sikap mematuhi keputusan bersama melalui model pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) dengan menggunkan media gambar dan kokami di SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jember. Hipotesis pada penelitian ini adalah jika guru menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media gambar dan kokami dalam pembelajaran PKn pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama, maka aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Sumbersari 01 Jember dalam pembelajaran PKn akan meningkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 50 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa pada akhir tes siklus 1 dan 2, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 November 2011 – 18 Februari 2012. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media gambar dan kokami pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama mengalami peningkatan yang sangat baik. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata persentase aktivitas pada siklus 1 mencapai 68 %. Sedangkan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa mencapai 79,8 %. Selain itu Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media gambar dan kokami pada pembelajaran PKn pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 74 %. Sedangkan siklus 2 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 86 %. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif selama kegiatan pembelajaran PKn, sementara guru hendaknya menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media gambar dan kokami pada pembelajaran PKn ntuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204029;
dc.subjectMedia Gambaren_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VB Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sikap Mematuhi Keputusan Bersama Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dengan Menggunakan Media Gambar Dan Kokami Di SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record