Show simple item record

dc.contributor.authorNurul Wahyu Hidayati
dc.date.accessioned2014-01-17T04:32:03Z
dc.date.available2014-01-17T04:32:03Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM070210204368
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15871
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran masih berpusat pada guru. Siswa diam mendengarkan guru berceramah sehingga siswa pasif di dalam kelas, hal ini sangat mengurangi tanggung jawab siswa atas tugas belajarnya. Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) dapat menciptakan suasana pembelajaran yang membuat siswa aktif kreatif, menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran melalui belajar secara berkelompok, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), (2) mengetahui aktifitas siswa, dan (3) mengukur peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan FPB dan KPK pada siswa kelas V SDN 02 Wonosobo kabupaten Banyuwangi setelah menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian dilaksanakan di SDN 02 Wonosobo Banyuwangi, kelas V yang terdiri dari 29 orang siswa, 15 orang siswa laki-laki dan orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. vii Pengambilan data dilaksanakan tanggal 23 Desember 2009 sampai dengan 05 Januari 2010. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan skor tes. Hasil Penilaian pada siklus I pertemuan 1, aktivitas siswa mencapai 72,41%, aktivitas guru 83,33%. Pertemuan 2, aktivitas siswa mencapai 82,76%, aktivitas guru 83,33%. Siklus II pertemuan 1, aktivitas siswa mencapai 89,65%, aktivitas guru 95,83%. Pertemuan 2, aktivitas siswa mencapai 89,65%, aktivitas guru 95,83%. Analisis hasil tes akhir siklus I mencapai 48,27%, dan tes akhir siklus II mencapai 86,21%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) sub pokok bahasan FPB dan KPK dapat menciptakan suasana pembelajaran yang membuat siswa aktif kreatif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta saling bekerja sama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa; 2) pembelajaran dengan model STAD dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. Hal ini dapat ditunjukkan pada analisis aktivitas siswa dari awal pembelajaran hingga berakhirnya pembelajaran.; 3) Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 48,27% dan pada siklus II mencapai 86,21%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204368;
dc.subjectpokok bahasan FPB dan KPKen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SUB POKOK BAHASAN FPB & KPK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V SDN 02 WONOSOBO BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record