Show simple item record

dc.contributor.authorNurwati
dc.date.accessioned2014-01-17T04:26:09Z
dc.date.available2014-01-17T04:26:09Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM070210204076
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15867
dc.description.abstractProses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif apabila seorang guru bisa menggunakan metode-metode yang bervariatif utamanya pada media pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penggunaan media gambar dapat meningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Kabupaten Jember. Berdasarkan rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS SDN Mangli 01 disebabkan oleh beberapa faktor yaitu; metode pembelajaran yang kurang tepat dan masih belum efektif, penggunaan media pembelajaran yang sangat terbatas, dan masih belum efektif. Salah satu cara untuk memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS, guru harus berperan aktif dalam menciptakan metode-metode yang akan dipakai dalam proses belajar mengajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Kabupaten Jember? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Hasil dan Pembahasan berdasarkan hasil penelitia dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan media gambar mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. vii Pengambilan data dilaksanakan di SDN Mangli 01 Jember pada tanggal 24 Mei 2011 sampai tanggal 26 Mei 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 49, terdiri atas 32 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul berupa analisis jawaban siswa pada tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas IV. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu aktivitas belajar siswa 54%, aktivitas kelompok 63%, dan hasil tes formatif I 65%. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 40%. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu aktivitas belajar siswa 93%, aktivitas kelompok 88%, dan hasil tes formatif II 83%. Sedangkan ketumtasan klasikal pada siklus II mencapai 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Saran Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ada beberapa saran yang perlu dipertimbangkan: Bagi kepalah sekolah, dapat dijadikan gambaran untuk mengambil kebijakan terhadap penggunaan media pembelajaran. Bagi guru, penggunaan media gambar dapat dijadikan sebagai alternatif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204076;
dc.subjectPeningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPSen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN MANGLI 01 KECAMATAN KALIWATES TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record