Show simple item record

dc.contributor.authorNuzulul Rakhmawati
dc.date.accessioned2014-01-17T04:03:34Z
dc.date.available2014-01-17T04:03:34Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM070210204373
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15850
dc.description.abstractMeningkatkan kemampuan dan minat siswa terhadap mata pelajaran merupakan salah satu tugas seorang guru yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Setiap mata pelajaran memiliki kekhususan atau spesifikasi muatan dan tujuan yang berbeda. Mata pelajaran IPA misalnya, diberikan kepada siswa dalam rangka memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan dasar yang berkenaan dengan alam sekitar. Mata pelajaran IPA dipandang sulit oleh kebanyakan siswa sehingga mata pelajaran IPA kurang diminati, karena itu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA rmasih rendah. Kebanyakan proses belajar-mengajar di sekolah masih berpusat pada guru (teacher oriented) yang mengakibatkan siswa cenderung menerima materi pelajaran secara pasif. Sehingga siswa kesulitan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi pembelajaran IPA. Oleh karena itu guru dituntut untuk dapat menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam menerima materi pelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan akademik adalah model pembelajaran Jigsaw. Model pembelajaran Jigsaw dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan ketrampilan sosial dan aktivitas siswa, serta dapat membantu siswa dalam memahami materi sehingga hasil belajar bisa meningkat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Sumbersewu, Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa vii kelas IV SDN 2 Sumbersewu, sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi enam kelompok yang heterogen. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan : Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Sumbersewu, Muncar Banyuwangi dengan Model Pembelajaran Jigsaw berjalan dengan baik meskipun belum optimal. Pada siklus I terdapat 9 orang siswa tergolong aktif, dan 15 siswa yang tergolong tidak aktif, sehingga persentase aktivitas klasikal sebesar 37,50%. Pada siklus II, terdapat 14 orang siswa tergolong tidak aktif, dan 10 orang siswa tergolong aktif, sehingga persentase aktivitas klasikal sebesar 41,67% dalam kriteria cukup aktif. Pada siklus III terdapat 17 siswa tergolong aktif, dan terdapat tujuh orang siswa tergolong tidak aktif, sehingga persentase aktivitas klasikal sebesar 70,83% dalam kriteria aktif. Pada siklus IV terdapat 21 orang siswa tergolong aktif, dan terdapat tiga orang siswa tergolong tidak aktif, sehingga persentase aktivitas klasikal sebesar 87,50% dalam kriteria sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setelah diadakan tindakan pembelajaran. Persentase ketuntasan hasil belajar pada tes individu siklus I sebesar 41,67% termasuk dalam kriteria tidak tuntas. Sedangkan pada tes individu siklus II persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 54,17% termasuk dalam kategori tidak tuntas. Kemudian dilanjutkan pada siklus III dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 70,38% dalam kategori tuntas, sedangkan pada siklus IV hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 78,17% dalam kategori tuntas. Saran peneliti, berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran Jigsaw dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204373;
dc.subjectAktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar IPA Siswaen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 2 SUMBERSEWU, MUNCAR BANYUWANGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAWen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record