Show simple item record

dc.contributor.authorArif Hidayana
dc.date.accessioned2014-01-17T03:38:38Z
dc.date.available2014-01-17T03:38:38Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM080210302015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15840
dc.description.abstractKeberhasilan suatu tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan kegiatan belajar di sekolah. Pembelajaran menempatkan siswa sebagai subjek belajar menuntut peran siswa yang sangat besar dalam berbagai aktifitas pembelajaran. Jika dalam pembelajaran hanya menggunakan konvensional, peranan guru lebih dominan dari pada siswa, akan menyebabkan siswa yang lemah akan mudah melupakan bahan pelajaran yang telah diterimanya. Dengan demikian hasil belajar yang diperoleh oleh siswa akan rendah pula. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di sekolah SMA Muhammadiyah 3 Jember, dapat diketahui pelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 3 Jember khususnya kelas XI IPS 3 masih belum mencapai hasil yang cukup baik, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, dan faktor yang paling menentukan adalah penggunaan Model pembelajaran sejarah yang kurang bervariatif. Dari latar belakang tersebut dapat dikemukakan dua rumusan masalah yaitu (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS 3 di SMA Muhammadiyah 3 Jember, (2) apakah penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 3 dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui secara mendalam model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS 3 di SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun ajaran 2011/2012, (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Desain dari penelitian ini adalah model PTK berbentuk Spiral dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan peneliti dibantu oleh dua observer. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya. Hasil observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, pada pra siklus diketahui aktivitas belajar siswa mencapai 21,24% dan hasil belajar siswa mencapai 20,93%, setelah diadakan tindakan maka diketahui pada siklus I persentase yang diperoleh mencapai sebesar 72,09%, sedangkan pada siklus 2 persentase yang diperoleh mencapai 84,52%, dari hasil tersebut menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 12, 43%. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 62,8%, sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus 2 mencapai 81,4%. Dari hasil tersebut menunjukkan persentase hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 18%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210302015;
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA,MODEL MAKE A MATCHen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 3 SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record