Show simple item record

dc.contributor.authorIke Fitrianingrum
dc.date.accessioned2014-01-17T02:12:12Z
dc.date.available2014-01-17T02:12:12Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM050210301077
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15723
dc.description.abstractPemilihan jurusan yang dipilih siswa serta motivasi belajar sangat diperlukan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh yang signifikan pemilihan jurusan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011?, 2) Manakah diantara variabel pemilihan jurusan dan motivasi belajar yang dominan mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh pemilihan jurusan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011, 2) Mengetahui variabel manakah, diantara variabel pengaruh pemilihan jurusan dan motivasi belajar yang dominan mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011 semester genap tahun 2011. Metode penentuan daerah penelitian secara purposive area sedangkan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proposional random sampling sebanyak 82 siswa. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data skunder dengan metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data menggunakan uji validitas, analisis regresi linear berganda, varian garis regresi, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemilihan jurusan dan motivasi belajar mempunyai pengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat adalah emilihan jurusan (X 1 )= t hitung = 9,328 > t = 1.990 dengan α= 0,05 > sig= 0,000, dan motivasi belajar (X 2 )= t hitung = 6,634 > t 9 tabel = 1.990 dengan α= 0,05 > sig= 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel bebas pemilihan jurusan (X 1 ) dan motivasi belajar (X 2 tabel ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat hasil belajar (Y). Variabel bebas pemilihan jurusan (X ) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301077;
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Pemilihan Jurusan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI 05 Jember Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record