Show simple item record

dc.contributor.authorOkta Ferlina
dc.date.accessioned2014-01-17T01:01:09Z
dc.date.available2014-01-17T01:01:09Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM080210103037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15657
dc.description.abstractPengajaran berintikan interaksi antara guru dengan siswa. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan arah pembelajaran di kelas. Guru harus selalu memikirkan perencanaan pembelajaran secara seksama dalam meningkatkan kualitas belajar bagi siswanya. Untuk memenuhi hal tersebut, guru dituntut mampu mengelola proses belajar-mengajar yang memberikan stimulus kepada siswa sehingga siswa mau belajar, karena siswalah subjek utama dalam belajar. Menciptakan kondisi belajar-mengajar yang efektif harus ada partisipasi aktif dari siswa (Chabibah, 2010:63). Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kurang berminat dalam belajar biologi dan siswa kurang termotivasi dalam proses belajar, dibuktikan dari hasil belajar siswa yang tidak memenuhi standart ketuntasan belajar biologi dan juga dapat dilihat dari kegiatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang tidak begitu antusias dan cenderung tidak meperhatikan pelajaran yang disajikan oleh guru di SMP Negeri 1 Srono. Hal ini dikarenakan guru belum melibatkan aktivitas siswa dalam kegiatan mengajar. Kondisi kelas pasif dan hanya terjadi pemberian informasi dari guru ke siswa. Guru cenderung menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Maka dari hasil observasi tersebut peneliti mencoba untuk memberikan solusi dari permasalahan pembelajaran dengan menerapkan sebuah model pembelajaran yang sepenuhnya melibatkan siswa dalam kegiatan belajar. Peneliti menerapkan model pembelajaran guided inquiry dengan teknik mind mapping dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran sebelum dilakukan tindakan penelitian atau pra siklus menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 50,46% termasuk kategori kurang aktif. Setelah dilakukan tindakan penelitian vii pada siklus I menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 59,72% termasuk kategori kurang aktif dan pertemuan ke2 sebesar 68,67% termasuk kategori cukup aktif. Nilai ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran mengalami peningkatan. Sedangkan ketuntasan hasil belajar didapatkan dari hasil belajar kognitif siswa yaitu melalui tes tulis pada setiap akhir siklus. Pada hasil belajar pra siklus rata-rata nilai siswa 74 dan ketuntasan klasikal sebesar 55,56%. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 78 dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 77,78%. Nilai tersebut sudah melebihi standart ketuntasan klasikal sebesar 75%. Untuk tindakan selanjutnya tetap dilaksakan siklus berikuta, hal ini bertujuan untuk membuktikan keberhasilan siklus I. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus II pertemuan ke-1 sebesar 74,38% termasuk kategori cukup aktif dan pada pertemuan ke-2 sebesar 78,09% termasuk dalam kategori aktif. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus II adalah 79 dengan ketuntasan hasil belajar kognitif secara klasikal sebesar 80,56%. Siklus dihentikan karena nilai tersebut sudah melebihi standart ketuntasan klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran guided inquiry dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dari hasil aktivitas siswa yang meningkat dari pra siklus sampai dilaksanakan siklus I dan siklus II dan juga disertai peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yang dapat memenuhi standart ketuntasan klasikal. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103037;
dc.subjectModel Pembelajaran Guided Inquiryen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas VII.2 Tahun Ajaran 2011/2012 SMP Negeri 1 Srono Banyuwangi)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record