Show simple item record

dc.contributor.authorOktavia
dc.date.accessioned2014-01-17T00:40:09Z
dc.date.available2014-01-17T00:40:09Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM050210102022
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15610
dc.description.abstractEra globalisasi komunikasi dan teknologi berkembang begitu pesatnya, sehingga fisika yang mendasari dari perkembangan teknologi tersebut memang diperlukan. Untuk pemenuhan kebutuhan tersebut, yang berkaitan adalah pendidikan, maka proses pembelajaran fisika harus dikaitkan dengan teknologi dan implikasinya di masyarakat, sehingga perlu dikembangkan kajian tentang peningkatan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah dengan penerapan Model Question Student Have. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Model Question Student Have dengan pembelajaran konvensional?; (2) Bagaimanakah aktifitas pembelajaran fisika dengan menggunakan Model Question Student Have?; (3) bagaimanakah efektifitas pembelajaran fisika siswa dengan menggunakan Model Question Student Have? . Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan Model Question Student Have dengan pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengkaji aktifitas pembelajaran fisika siswa dengan menggunakan Model Question Student Have, (3) Untuk mengkaji efektifitas pembelajaran fisika siswa dengan menggunakan Model Question Student Have Penelitian ini merupakan penelitian eksperiment, penentuan tempat penelitian adalah dengan purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Probolinggo. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan Cluster Random Sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Pre-test post-test control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji T untuk menjawab rumusan masalah yang viii pertama, uji efektifitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga menggunakan uji aktivitas. Dari analisis data diperoleh nilai t ix hitung > t ( 4,52 > 1,99 ) sehingga hipotesis nilai (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternative (H a tabel ) diterima. Jadi dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika pada pokok bahasan gaya gravitasi antara menggunakan Model Question Student Have dengan pembelajaran konvensional pada siswa SMP. Hasil penelitian uji aktifitas pembelajaran dengan menggunakan Model Question Student Have secara klasikal diperoleh sebesar 86 %, yang termasuk pada kriteria aktifitas pembelajaran yang aktif. Hasil analisis uji efektifitas siswa untuk kelas eksperimen yang dicapai secara klasikal sebesar 51,62 %. Apabila disesuaikan dengan kriteria efektifitas siswa seperti pada tabel 3.3, maka nilai 51,62% termasuk dalam kategori cukup efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan Model Question Student Have dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Pemuaian pada kelas VII SMP 3 Probolinggo tahun ajaran 2009/2010; (2) Model Question Student Have sangat aktif diterapkan dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan Pemuaian pada kelas VII SMP 3 Probolinggo tahun ajaran 2009/2010 dengan besar aktifitas mencapai 86%; (3) Efektifitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model Question Student Have pada pokok bahasan bahasan Pemuaian pada kelas VII SMP 3 Probolinggo tahun ajaran 2009/2010 termasuk dalam kategori cukup efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210102022;
dc.subjectModel Question Student Haveen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL QUESTION STUDENT HAVE DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP (Studi Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Pemuaian Pada siswa Kelas VII semester ganjil SMP Negeri 3 Probolinggo Tahun Pelajaran 2009/2010)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record